Penguatan Kemampuan Literasi Finansial Anak di Sekolah Dasar Negeri Terrak 1 Pamekasan

Penulis

  • Samsul Arifin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Tsurayya Kamila Novita SDN Terrak 1

DOI:

https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v5i2.7951

Kata Kunci:

Literasi Finansial, Sekolah Dasar Negeri Terrak 1 Pamekasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi finansial siswa melalui integrasi program literasi finansial dalam kurikulum di SD Terrak 1 Pamekasan. Pendidikan literasi finansial dianggap krusial untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan ekonomi di masa depan melalui pengenalan konsep-konsep pengelolaan keuangan, yaitu memperoleh, menyimpan, membelanjakan, dan mendonasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen yang melibatkan siswa kelas V dan guru sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan program literasi finansial telah berhasil meningkatkan pemahaman serta keterampilan siswa dalam mengelola keuangan pribadi. Siswa memperoleh pengalaman praktis melalui simulasi kewirausahaan, pembiasaan menabung, perencanaan anggaran, dan kegiatan donasi yang mengintegrasikan nilai sosial dan etika. Penggunaan media pembelajaran interaktif seperti video, buku, dan permainan edukatif turut mendukung proses belajar mengajar, sehingga konsep keuangan dapat dipahami secara lebih konkret. Temuan penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penyelarasan antara kebijakan pendidikan, materi pembelajaran, dan pelibatan komunitas untuk mendukung keberlanjutan pendidikan literasi finansial. Oleh karena itu, disarankan agar program ini diintegrasikan secara sistematis dalam kurikulum nasional guna membentuk karakter kewirausahaan dan meningkatkan kesiapan finansial generasi mendatang.

Referensi

Ridlâ, Rasyid. Tafsir al-Manâr. 12 Vol. Kairo: al-Hay’ah al-Misriyah li al-Kitâb, 1972.

Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. (Sage Publications. 2018).

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), (2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Basyir, Ahmad Azhar. Refleksi Atas Persoalan KeIslaman. Bandung: Mizan, 1993

Bilici, M. R., & Çevik, S. Financial literacy and cash holdings in Türkiye. Central Bank Review, 23(4), 100129. (2023). https://doi.org/10.1016/j.cbrev.2023.100129

Cholil, Mufidah. Revitalisasi Fungsi Masjid Melalui Posdaya dalam Perspektif Teori dan Strukturasi. Malang: LP2M UIN Malang, 2015.

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (Sage Publications. 2014).

Dewi, Nurdiamah, dan Achadiyani. “Pembentukan Kader Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Melakukan Deteksi Dini Kanker yang Sering Terjadi Pada Wanita di Desa Sukamanah dan Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.” Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 2, No. 2 (November 2013).

Dikdasmen, D. Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017).

Guthrie, J. T., & Humenick, N. M. . Motivating Students to Read: Evidence for Classroom Practices that Increase Reading Motivaton and Achievement. Baltimore, MD: Paul H. Brookes Publishing Co. 2004

Ishmuhametov, I., & Kuzmina-Merlino, I. What Motivates a Learner Manager of a Logistic Company to Achieve Financial Literacy? Procedia Engineering, 178, https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.065 (2017).

Ishmuhametov, I., & Kuzmina-Merlino, I. What Motivates a Learner Manager of a Logistic Company to Achieve Financial Literacy? Procedia Engineering, 178, https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.065 (2017).

Kvale, S., & Brinkmann, S. Interviews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. (Sage Publications 2009).

Loh, L., Prem-Senthil, M., & Constable, P. A. A systematic review of the impact of childhood vision impairment on reading and literacy in education. Journal of Optometry, 17(2), 100495. https://doi.org/10.1016/j.optom.2023.100495 (2024).

Mosley. Building an Effective Financial Literacy Program. New York: Wisconsin Department of Public (2006). Instruction.(https://dpi.wi.gov/sites/default/files/imce/cte/pdf/pflchap1.pdf.

Patton, M. Qualitative Research & Evaluation Methods: (Integrating Theory and Practice. Sage Publications. 2015).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-03

Cara Mengutip

Arifin, S. ., & Kamila Novita, T. . (2025). Penguatan Kemampuan Literasi Finansial Anak di Sekolah Dasar Negeri Terrak 1 Pamekasan . Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 58–77. https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v5i2.7951

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.