Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Ekoteologi Pada Siswa Madrasah dalam Menghadapi Krisis Lingkungan

Penulis

  • Ali Wafa Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Qosim Qosim Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Millati Millati Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Subairi Subairi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Kata Kunci:

pendidikan karakter, ekoteologi, kesadaran lingkungan, madrasah

Referensi

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis. 2nd ed. Jakarta: PT Ciputat Press, 2005.

Arifuddin M. Arif. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Agama Dan Budaya Bangsa Konsep Praktik Baik Di Kota Palu). Sulawesi Tengah: Education Development Center” (ENDECE), 2021.

Asmanto, Eko. “Revitalisasi Spiritualitas Ekologi Perspektif Pendidikan Islam.” TSAQAFAH: Jurnal Peradaban Islam 7, no. 2 (2015): 146–54. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1834.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2019.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. 7th ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Jalaluddin, H. Psikologi Agama: Memahami Perilaku Keagamaan Dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Ke-15. Indonesia: Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Lickona, Thomas (Terj. Juma Abdu Wanaungo). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Mendidik Membentuk Karakter: Bagaiamana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Karakter Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab). Edited by Uyu Wahyudin. Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Malik Fadjar, A. Reorientasi Pendidikan Islam. Edited by Dhorifi Zumar dan Sulthon Fa. Dja’far. Ke-1. Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Edited by Agustina Purwantini dan M.Adib Abdushomad. Revisi. Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Maskuri dan Diyah Werdiningsih. Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren: Belajar Dari Best Practice Pendidikan Karakter Pesantren Dan Kitab Kuning. Ke-2. Jakarta: Nirmana Media, 2017.

Muhaimin. Pradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Cet. ke-5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011.

Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 2015.

Syam, Nur. Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. 5th ed. Indonesia: Yogyakarta: KANISIUS, 2013.

Syamsudin, Muh. “Krisis Ekologi Global Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Sosiologi Reflektif 11, no. 2 (2017): 83. https://doi.org/10.14421/jsr.v11i2.1353.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islami. Edited by Engkus Kuswandi. 2nd ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Zulfikar, Azmi Yudha. “Ekoteologi Dalam Pendidikan Islam: Internalisasi Kesadaran Ramah Lingkungan Sebagai Bagian Dari Ibadah Di Dayah Fathul Ainiyah Al-Aziziyah.” Journal of Islamic Education and Law 1, no. 2 (2025): 75–83.

Zumaro, Ahmad. Ekoteologi Islam (Studi Konsep Pelestarian Lingkungan Dalam Hadis Nabi Saw). Core.Ac.Uk. Yogyakarta: Program Doktor (S3) Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2020. https://core.ac.uk/download/pdf/328901525.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-15

Cara Mengutip

Wafa, A. ., Qosim, Q., Millati, M., & Subairi, S. (2025). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Ekoteologi Pada Siswa Madrasah dalam Menghadapi Krisis Lingkungan. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 78–91. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/8196

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.