Pendampingan Baca Tulis bagi Siswa Kelas 1 yang Mengalami Kesulitan Membaca dan Menulis di UPTD SDN Dharma Camplong 3
Kata Kunci:
Pendampingan baca tulis, siswa kelas satu, Kesulitan membaca dan menulis.Abstrak
Kemampuan membaca dan menulis permulaan (MMP) merupakan fondasi krusial bagi keberhasilan akademik siswa di jenjang pendidikan selanjutnya. Namun, observasi awal di UPTD SDN Dharma Camplong 3 mengidentifikasi adanya sejumlah siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan signifikan dalam menguasai keterampilan dasar ini, yang berpotensi menghambat perkembangan belajar mereka secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan intervensi terstruktur melalui program pendampingan intensif guna meningkatkan kemampuan baca tulis siswa yang mengalami kesulitan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain one group pretest-posttest yang melibatkan 10 siswa kelas 1 Intervensi dilaksanakan selama dua minggu dengan pendekatan individual dan multisensori, mengintegrasikan berbagai metode seperti fonik, suku kata, Struktural Analitik Sintetik (SAS), dan media pembelajaran yang variatif. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan baca tulis siswa. Skor rata-rata kemampuan siswa meningkat dari 45% pada pre-test menjadi 75% pada post-test. Keberhasilan program ini diatribusikan pada pendekatan diagnostik yang individual, intensitas pendampingan yang konsisten, penggunaan metode multisensori yang efektif, serta penciptaan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi. Disimpulkan bahwa program pendampingan intensif dan individual merupakan strategi yang efektif untuk mengatasi kesulitan MMP pada siswa kelas 1.Referensi
Apfani, S., & Tulljanah, R. (2025). Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. MEGA PRESS NUSANTARA.
Sudharsono, M., Azzahra, S. S., Khasanah, F. N., Yanti, S., & Kaddafi, T. (2025). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Kelas Rendah. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 10-20.
Aryani, N., & Wiranti, D. A. (2025). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Disleksia Melalui Program Pendampingan Membaca di SDN 2 Krapyak. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 295-307.
Irmayani, N. R., Susantyo, B., Mujiyadi, B., Suradi, S., Erwinsyah, R. G., Sugiyanto, S., ... & Azizah, L. N. (2019). Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan Pasca Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.
Ade Sessiani, L. (2007). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-kanak (Studi Eksperimental di TK ABA 52 Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Astri, A. H. A., & Amalia, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6789
Castles, A., Rastle, K., & Nation, K. (2018). Ending the reading wars: Reading acquisition from novice to expert. Psychological Science in the Public Interest, 19(1), 5-51.
Hamilton, L. G., Hayiou-Thomas, M. E., Hulme, C., & Snowling, M. J. (2016). The Home Literacy Environment as a Predictor of the Early Literacy Development of Children at Family-Risk of Dyslexia. Scientific Studies of Reading, 20(5), 401-419. https://doi.org/10.1080/10888438.2016.1213266
Lestari, L., & Hadikusuma, Z. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 113-124. https://doi.org/10.58230/27454312.1553
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Prasetyaningsih, R., Poerwanti, J. I. S., & Sularmi, S. (2022). Analisis Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 58-66.s
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1264
Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2023). Efektifitas Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 125–140. https://doi.org/10.32678/primary.v15i1.8263
Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 5104-5114. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3039
Wasik, W., Sari, M., Usman, M., & Shofa, H. Z. (2023). Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Qur’ani Sidogiri. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), 102-111.