The Holistic Education Concept According to KH Imam Zarkasyi

  • Fatimatul Asroriah STIT MUHAMMADIYAH NGAWI
  • Yusron Hanafi STIT MUHAMMADIYAH NGAWI
  • Errizal Machmud Putra STIT MUHAMMADIYAH NGAWI
Kata Kunci: Holistic education, Imam Zarkasyi, Integrated learning,

Abstrak

Pendidikan holistik telah menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan, dengan penekanan pada pengembangan pribadi yang menyeluruh. Salah satu tokoh pendidikan yang menerapkan konsep ini dengan baik adalah KH Imam Zarkasyi, seorang pemimpin pondok pesantren ternama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan holistik yang diterapkan oleh KH Imam Zarkasyi serta implikasinya dalam konteks pendidikan modern. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis konten terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan konsep pendidikan holistik Imam Zarkasyi. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa konsep pendidikan holistik KH Imam Zarkasyi mencakup pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan aspek akademik, spiritual, sosial, dan fisik dalam pendidikan. Pendekatan ini juga menekankan pembelajaran terpadu di dalam dan di luar kelas, pengembangan pribadi yang seimbang, peran penting Kiai sebagai pemimpin dan teladan, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pendidikan holistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan holistik KH Imam Zarkasyi memiliki relevansi yang tinggi dalam konteks pendidikan modern, karena memberikan perhatian pada pengembangan pribadi yang menyeluruh dan integrasi berbagai aspek kehidupan dalam proses pendidikan. Implikasi praktisnya adalah perlunya pendekatan pendidikan yang lebih holistik dan berdaya guna dalam menciptakan lingkungan belajar yang merangsang perkembangan yang komprehensif bagi para siswa. Dengan demikian, konsep pendidikan holistik KH Imam Zarkasyi dapat menjadi inspirasi dan pedoman bagi upaya peningkatan kualitas.

Referensi

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bahroni, Imam. 2018. Mutiara Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, Cet 1.

Bakar, H.M Yunus Abu. 2007. Konsep Pemikiran Pendidikan K.H Imam Zarkasyi dan Implementasinya Pada Pondok Pesantren Alumni. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Chatib, Munif. 2019. Sekolahnya Manusia : Sekolah Berbasis Multiple Intellegence di Indonesia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Chatib, Munif. 2019. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eriyanto. 2013. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu komunikasi dan Ilmu Sosial Lainya, Jakarta: Kencana.

Faishal. 2019. Perbaikan Bangsa Melalui Pendidikan Holistik, Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. VII, No. 1, September 2018-Februari 2019.

Farhan, Aziz, Fajrin Nurjanah, Dyah Permata Sari. Aktualisasi TTB (Teori Taksonomi Bloom) Melalui Drama Kepahlawanan Guna Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Universitas Negri Jember.

Gontor. KH. Imam Zarkasyi, dalam situs: https://www.gontor.ac.id/k-h-imam-zarkasyi, (diakses pada 25 Agustus 2021, 12.39).

Harni. 2015. Pendidikan Holistik dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam (Studi Analisis Pemikiran Amie Primarni dalam Buku Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna). Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Haryanto, Sri. 2017. Pendekatan Historis Dalam Studi Islam. Vol. 17, No. 1, Desember.

Heriyanto, Husain. 2003. Paradigma Holistik: Dialog Filsafat, Sains, dan Kehidupan Menurut Shadra dan Whitehead. Bandung: Mizan Media Utama.

Hoer, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intellegence: Pengalamana New City School di St. Louis, Missouri, AS, dalam Menghargai Aneka Kecerdasan Anak, (Penerjemah: Ary Nilandari). Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Husnah, Asmaul. 2017. Konsep Pendidikan Holistik Menurut Pemikiran Muchlas Samani Dan Implementasinya Pada Sistem Pendidikan Di Indonesia. Pendidikan Islam 2. Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Vol. 2 Nomor 1.

Khuluq, Lathiful. 2009. Fajar Kebangunan Ulama. Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara, Cet. V.

Komar, Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: CV Pustaka Setia.

M. Zainuddin, dkk. 2009. Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press.

Mas’ud, Abdurrahman. 2004. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LkiS.

Megawangi, Ratna, Melly Latifah, Wahyu Farrah Dina. 2005. Pendidikan Holistik: Pendekatan Menuju Reformasi Pendidikan. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Muhammad, Harry, dkk 2006. Tokoh-Tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Insani.

Mulyasari, Ari. 2016. Konsep Pendidikan Pondok Modern Dalam Perspektif KH. Imam Zarkasyi. Jakarta: Universitas Islam Megeri Syarif Hidayatullah.

Musanna, Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praktis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. STAIN Gajah Putih Takengon. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, No. 1, Juni.

Musfah, Jejen. 2012. Pendidikan Holistik Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nata, Abudin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noer, Deliar. 1996. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES.

Nurdianto, Saifuddin Alif. 2017. KH. Imam Zarkasyi: Membangun Karakter Umat Dengan Modernisasi Pesantren (1926-1936). Universitas Sebelas Maret. Vol. 12 No. 2.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Vol. 1. No. 1 November.

Octavia, Lanny, Ibi Syatibi, dkk. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Yayasan Tumah Kita Berasama.

Paramita, Aulia. 2021 Relevansi Ilmu Pengetahuan dengan Agama (Studi Komperatif pemikiran BJ. Habibie dan KH. Imam Zarkasyi). Ngawi: Universitas Darussalam Gontor.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Pembelajaran, Langkah-Langkah Merancang Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat.

Primani, Amie dan Khairunnas. 2013. Pendidikan Holistik (Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Primarni, Amie. 2014. Konsep Pendidikan Holistik dalam Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2.

Purnama, Medina Nur Asyifah. 2013. Transformasi Pendidikan Islam Perspektif KH. Imam Zarkasyi Dalam Pengembangan Pesantren Modern Gontor. Malang: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Ratnasari, Imelda. 2019. Aspek Sosial dan Nilai Sosiologis Yang Terdapat Pada Cerpen Matsuri No Ban Karya Kenji Miyazawa. Universitas Dr. Soetomo. Jurnal Ayumi. Vol. 6, No. 1.

Rofiq, Ahmad Choirul. 2018. Perspektif KH. Imam Zarkasyi Mengenai Kesatuan Ilmu Pengetahuan, Jurnal Ta’alum: Pendidikan Islam, Vol. 06, No. 02.

Said, Akhdan Nur. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akutansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akutansi Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, Vol. VII, No. 1.

Sanusi, Uci dan Rudi Ahmad Suryadi. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudiyono, M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia, SD Negeri 4 Bug Bug. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4, No. 1 April 2019.

Susanto, Ahmad. 2010. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Syarif, M. 1995. Administrasi Pesantren. Jakarta: Payu Berkah.

Takunas, Rusli. 2018. Pemikiran Pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi. Jurnal of Pedagogy. Vol. 2, No. 2.

Tatang. 2016. Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Widyastono, Herry. 2012. Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, No. 4.

Widodo, Hendro. 2019. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Yogyakarta: UAD Press.

Wiryosukarto, Hamzah. 1996. K.H. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis, Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Press, Cet. 1.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. 2005. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zarkasyi, Muhammad Ridlo. 2017. Ajaran Kiai Gontor: 72 Wejangan Hidup KH. Imam Zarkasyi. Jakarta: Wali Pustaka.

Zarkasyi, Imam. 1996. Definisi dan Isi Panca Jiwa Pondok Pesantren dalam Amir Hamzah Wiryosukarto, et al, Biografi KH. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Press.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. 2005. Manajemen Pesantren: Pengalaman Pondok Modern Gontor. Ponorogo: Trimurti Press.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zohar, Danah, dan Mrshall, Ian. 2002. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untu Memaknai Kehidupan.(Penerjemah: Rahmani Astuti). Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Diterbitkan
2023-11-20
Bagian
Articles