Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VI MI Nurussalam Mantingan

  • Fathimah Kamilatun Nisa Universitas Darussalam Gontor
  • Adilla Roihatal Jannah Universitas Darussalam Gontor
  • Adella Dina Savitri Universitas Darussalam Gontor
  • Ichda Malicha Universitas Darussalam Gontor
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam , Time Token.

Abstrak

Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam selama ini cenderung berpusat pada guru, Dimana guru mentranfer pengetahuan yang dimiliki kepikiran siswa dan siswa menerimanya dengan pasif. Hal ini juga terjadi di MI Nurussalam Mantingan, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sehingga hasil belajar mereka rendah. Hal ini di sebabkan karena siswa kurang di beri kesempatan berpikir dan mengungkapkan ide- ide serta menulis dengan bahasa yang benar. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dan mengefektifkan proses pembelajaran, salah satunya model yang dapat di terapkan adalah model pembelajaran time token. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI A MI Nurussalam yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Soal tes untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 58 %, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 92%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token mengalami peningkatan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkaan sebesar 92 %

Referensi

Amalia, S. R., V. Purnamasari, and D Darsimah. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1594–1601.
Fauzi, Nuanda, Muhammad Fauzan Azhmy, Fajar Pasaribu, and Anggia Arif. “Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Multimedia Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PAB 4 Sampali.” Athena: Journal of Social, Culture and Society 1, no. 1 (2023): 6–14.
Feriawati, Puri, and Agus Perry Kusuma. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk.” Pengaruh penggunaan pasta labu kuning (cucurbita moschata) untuk substitusi tepung terigu dengan penambahan tepung angkak dalam pembuatan mie kering 15, no. 1 (2020): 274–282.
Husain, Mansyur, Mohamad Jahja, and Muhamad Yusuf. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Stem Pada Tema Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas 4 Sd.” Jurnal Normalita 9, no. 2 (2021): 195–207.
Istrada, Irvan Erik. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Agung.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam negeri Raden Intan Lampung 4, no. 2 (2018): 84.
Mariyana, T, T Tame, and N Wedyawati. “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Pembelajaran Time Token Arends Pada Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional … (2023). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/33339%0Ahttp://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/download/33339/14386.
Pengaruh, Kajian, Keberadaan Moda, Transportasi Berbasis, Ahmad Zaky Natsir, Jurusan Teknik, Perencanaan Wilayah, D A N Kota, Fakultas Sains, and D A N Teknologi. “Uin Alauddin Makassar 2019 1” (2019).
Prawesti, Ferdiana Suniya, and Nono Hery Yoenanto. “Strategi Pembelajaran Shaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Mengajar Siswa Slow Learner.” Jurnal Ecopsy 8, no. 1 (2021): 66.
Santriana Son, Rosalina Sisilia. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9, no. 3 (2019): 284–291.
Sumianto, Sumianto. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2021): 1446–1459.
Syaifudin, Syaifudin. “Penelitian Tindakan Kelas.” Borneo : Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2021): 1–17.
Widoyoko, S. Eko putro. “Penelitain Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru.” Jurnal Pendidikan 3, no. September (2016): 12–22. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru.pdf.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada: 2013.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada: 2012.
Suseli. (2010). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Think Talk Write (TTW) dengan Metode Ekspositori (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Balongan Indramayu). IAIN Syekh Nurjati
Diterbitkan
2023-11-20
Bagian
Articles