Penerapan Model Pembelajaran BAMBOO DANCING untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Akidah Akhlak MI Nurussalam Ngawi

  • Nanang Setyobudi Universitas Islam Malang
  • Anisa Rohmatul Umah Universitas Darussalam Gontor
  • Deyah Sapitri Sapitri Universitas Darussalam Gontor
  • Eka Hidayatin Universitas Darussalam Gontor
Kata Kunci: Bamboo Dancing Learning Model, Akidah Akhlak, Learning Engagement, MI Nurussalam

Abstrak

Akidah Akhlak, mata pelajaran dalam pendidikan agama Islam di MI Nurussalam, seringkali menimbulkan tantangan dalam keterlibatan siswa karena dianggap monoton. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Bamboo Dancing diterapkan untuk mengatasi masalah ini, dengan tujuan memupuk kerja sama tim, konsentrasi, komunikasi antar teman, dan perkembangan kognitif. Siswa membentuk kelompok dan bergerak secara berlawanan arah jarum jam sambil mengajukan pertanyaan kepada teman-temannya, meningkatkan pengalaman belajar mereka. Pemilihan model pembelajaran Bamboo Dancing untuk mata pelajaran Akidah Akhlak adalah sengaja dilakukan, karena bertujuan untuk menyemangati dan meningkatkan interaktifitas dalam proses pembelajaran, yang umumnya melibatkan transfer pengetahuan pasif dari guru ke siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai metodologi penelitian. Hasil dari siklus pertama menunjukkan bahwa 60% siswa memperoleh nilai di atas 60, yang meningkat menjadi 80% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar secara keseluruhan.

Referensi

Ahmadiyanto. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIII C SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015” 6, No. 2 (N.D.).

Amrul Al Azmi, Muhizar Muchtar, Ahmad Fuadi, ‘Penerapan Model Pembelajaran Bambo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTS N 1 Langkat’, Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 3 (2023), 136 <http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931>

Andriani, Rike, and Rasto Rasto, ‘Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4.1 (2019), 81 <https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958>

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi’, Jurnal Ekonomi, 4.1 (2014),7

Hadi, Fajrul, ‘Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas X Di MAN 1 Lombok Tengah’, Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8.4 (2022), 2993 <https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.3971/http>

Hariandi, Ahmad, and Ayu Cahyani, ‘Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar (JGPD), 3.2 (2018), 354

Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah, ‘Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Ta’rib, 8.1 (2020), 19 <https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902>

Kurniawati Novi, Skripsi: Pengaruh Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Rjowinangun Utara 1 Kota Magelang, (Magelang: UMM,2018), Hal 19-20 khasnah fitria. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Division)” 18, no. 2 (n.d.).

Lestari, Indah, ‘Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3.2 (2015), 118 <https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118>

melindawati silvi, jannah hasjatun. “Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 50, Kuranji, Padang.” 1 Juli 2019 3, no. 1 (n.d.).

Mu’allimin, Penelitian Tindakan Kelas (Teori Dan Praktik, 2014

Ni Putu Lilis Suryani1, Setiyo Utoyo2, Nunung Suryana Jamin3, Yenti Juniarti4, ‘Pengembangan E-Modul Metode Total Physical Response Dalam Mengenalkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Nusa Indah, Desa Totoro Utara, Kec. Tilongkabila, Gorontalo’, Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3359.1 (2021), 43

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi, ‘Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1.1 (2016), 129 <https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264>

Nurrita, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Misykat, 03 (2018), 175

“Penegrtian Hasil Belajar.Pdf,” n.d.

Rafi ibnu, Sabrina sabrina,Azizatul Afifah Rizka. “Penerapan Metode Pembelajaran Bamboo Dancing Dalam Pembelajaran Keliling Dan Luas Segiempat Dan Segitiga Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Smp Kelas VII.” 2016, n.d.

Sariyati, Ice, ‘Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response Dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11.01 (2017), 42

Sulfemi, Wahyu Bagja, ‘Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di Smp Kabupaten Bogor’, Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8.2 (2018), 3

Wirda Yendri, Ulumudin Ikhya, Widieputra Ferdi, Listiawati NUr, Fujianita Sisca. Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. 2020, n.d.

Wulandari, Catur, ‘Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Total Physical Response Melalui Charades Game Untuk Meningkatan Penguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas VI Di SDN Pendem 02 Batu’, Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2.1 (2022), 263

Yeni Marselina, Warneri,Rosyid Rum. “Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma,” n.d.

Zen, Nelly Nikhayatu, ‘Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, El Ibtikar, 8 (2019), 72–73

Diterbitkan
2023-11-20
Bagian
Articles