Understanding Learning: Insights into Methodology and Conceptualization by Jean Piaget

  • Muwahidah Nur Hasanah STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Ndaru Putri STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Syamsudin Syamsudin STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
Kata Kunci: Learning, Jean Piaget, Cognitive development, Educational goals, Methodology

Abstrak

Belajar merupakan aktifitas baik fisik maupun psikis, dan kunci yang paling vital dalam pendidikan. Pada era globalisasi saat ini, belajar juga selalu diidentikkan dengan sekolah, padahal sekolah adalah hanyalah salah satu dari tempat belajar bagi peserta didik. keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses belajar yang dialami siswa sebagai peserta didik . Jean Piaget adalah seorang teoretikus yang sangat berpengaruh dalam dalam bidang perkembangan kognitif peserta didik. Berangkat dari permasalahan di atas , peneliti bertujuan untuk Mengungkapkan konsep belajar dan metodenya menurut Jean Piaget. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literature, sehinnga dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu berupa literatur buku Jean Piaget. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data yang mendukung data primer tersebut. Adapun data ini diperoleh dengan metode dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya peneliti menggunakan metode analisis isi (content analytical method), dari kajian yang sederhana ini peneliti dapat menyimpulkan: Pengertian belajar menurut Jean Piaget dibagi menjadi dua pengertian yaitu belajar figuratif dan belajar operative. Objek belajar menurut Jean Piaget berpikir, ilmu-ilmu, dan seni. Tujuan belajar menurut Jean Piaget untuk mengembangkan intelektual dan logika, dan untuk mengembangkan dan merencanakan tindakan yang awalnya berlebihan menjadi operasi mental. Metode belajar menurut Jean Piaget, top down processing, cooperative learning, dan generative learning. Sumber-sumber belajar menurut Jean Piaget adalah fisika, matematika logis, dan ilmu sosial. Ruang lingkup belajar menurut Jean Piaget adalah orang tua, lingkungan, dan pengalaman.

Referensi

B.F. Skinner. (1938). The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. New York: Appleton-Century-Crofts.

Jean Piaget. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Lev Vygotsky. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Edward Thorndike. (1913). Educational Psychology: The Psychology of Learning. New York: Teachers College, Columbia University.

John Dewey. (1938). Experience and Education. New York: Macmillan.

Skinner, B.F. (1953). Science and Human Behavior. New York: The Free Press.

Thorndike, E.L. (1913). Educational Psychology: The Psychology of Learning. New York: Teachers College, Columbia University.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Rogers, C.R. (1961). On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy. Boston: Houghton Mifflin.

Maslow, A.H. (1954). Motivation and Personality. New York: Harper & Row.

Bruner, J.S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Lourenço, O., & Machado, A. (1996). Piaget's legacy: Present developments and future challenges. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Flavell, J. H. (1963). The developmental psychology of Jean Piaget. New York: D. Van Nostrand Company.

Piaget, J. (1969). The psychology of the child. New York: Basic Books.

Smith, L. (1992). Jean Piaget. In A. C. Brock (Ed.), International encyclopedia of education (2nd ed., Vol. 6, pp. 3561-3567). Oxford: Pergamon Press.

Chapman, M. (1988). Constructive evolution: Origins and development of Piaget's thought. Cambridge: Cambridge University Press.

Müller, U. (1995). Carving nature at its joints: Natural kinds in developmental psychology. In D. S. Moore & D. C. Lloyd (Eds.), Vygotsky's educational theory in cultural context (pp. 45-60). Cambridge: Cambridge University Press.

Diterbitkan
2023-11-21
Bagian
Articles