Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbu’a Pada Anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang

  • Abdul Rouf Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Muhtadi Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Chafit Ananta
Kata Kunci: Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, TPQ Miftachul Jinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran membaca al-Quran dengan metode yanbu’a pada anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan defkriptif kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan langkah-langkah Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display) dan Penarikan Kesimpulan (verification).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran membaca dengan metode Yanbu’a dia TPQ Miftachul Jinan dapat digambarkan sebagai berikut : a) Kegiatan pembelajaran mengaji dibagi perkelas sesuai dengan jilid masing-masing anak jilid/juz 1 terdiri dari 28.  b) Cara yang dilakukan oleh ustadzah sudah mengikuti sesuai yang ada didalam buku paduan Metode Yanbu’a. c) Materi yang diajarkan yakni materi membaca bersama-sama dengan dibimbing oleh ustadzah dengan menggunakan alat peraga, selain itu ada juga materi tambahan seperti hafalan do’a sehari-hari, surat-surat pendek, kata mutiara dan lainnya yang sudah terlaksana dengan baik.

Kata kunci      :  Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, TPQ Miftachul Jinan

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial, (Surabaya: Airlangga University Press, 2001)
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, (Jakarta: Rajawali Press, 2010)
Ghoni, Djunaidi, Fauzan Almanshur. Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), hlm. 165
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: IKPI, 2015)
_____. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013)
_____. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013)
Suyudi, Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Tampubolon, Saur. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanganprofesi Pendidik Dan Keilmuan, (Jakarta: Erlangga, 2014)
Tim Penyusun KMD UIN Sunan Ampel Surabaya, Studi al-Qur’an. (Surabaya: UIN Sunan Ampel press, 2014)
Ulin Nuha Arwani, M. Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Al-Quran Yanbu’a, (Kudus: Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran, 2004)
Wawancara dengan bapak Faizuddin Fil Muntaqobat Ketua TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang, Jombang, tanggal 01 juni 2021
Wawancara dengan ibu Fatkhul Kumala Aini orang tua dari Faiq al Fanani, Jombang, tanggal 02 Juni 2021
Wawancara dengan ibu Nurul Hidayah orang tua dari Hasbi Aditya, Jombang tanggal 02 Juni 2021
Wawancara dengan ibu Uzlifah pendidik TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang, Jombang tanggal 01 Juni 2021
Diterbitkan
2021-12-29