Hubungan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi (X) dan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya bersifat korelasi. Sampel berjumlah 33 siswa yang terdiri dari kelas II, III dan IV. Data motivasi didapat dari penyebaran angket dan data prestasi belajar PAI di ambil dari nilai raport siswa semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknis analisis datanya menggunakan korelasi pearson’s product moment.
Motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan pada mata pelajaran PAI di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 hasil uji korelasi diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,951, dimana hasil tersebut lebih besar dari nilai r tabel (0,951 > 0,344). Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X) berhubungan secara positif dengan variabel Prestasi (Y).
Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Referensi
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2010)
Azwar, Saifudin. Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. (Jakarta : Rineka Cipta 2011)
Ghullam Hamdu, Lisa Agustina., “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestai Belajar IPA Di Sekolah Dasar†dalam Artikel Cendekia: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No. 1 April 2011
Idrus, Muhammad. Metode Ilmu-Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif) (Yogyakarta: UII Pres, 2007)
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelaajran. (Jakarta: Delia Press, 2004)
Puspitasari, Florentina Anggraeni. “Skripsiâ€, Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kelas Khusu Olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta. (Yogyakarta: Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma, 2017)
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2007)
_____, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016)
Usman, Husain. Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: BumiAksara, 1989)
UUD 1945 pasal 31, UUD ’45, (Surabaya: Anugerah, 2014)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.