Konsep Pendidikan Menurut Lukman Al Hakim (Kajian Tafsir Surat Luqman Ayat 12-19)
Abstrak
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek-aspek penting yang menjadi pusat perhatian Lukman al Hakim dalam proses pedidikan anaknya (2) strategi Lukman al Hakim dalam menjalankan pendidikan (3) Konsep pendidikan Lukman al Hakim.
Penelitian ini menggunakan Metode Riset perpustakaan (library research), atau penelitian kepustakaan dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku,yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan laporan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setelah penulis memperoleh rujukan yang relevan kemudian data tersebut disusun, di analisa, sehingga memperoleh kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa aspek penting yang menjadi pusat perhatian Lukman al Hakim meliputi: Tauhid, Berbakti Kepada Orang tua, Shalat, Pendidikan Masyarakat, Pembentukan Mental, Pembentukan Budi Pekerti.dan strategi yang digunakan oleh Lukman al Hakim meliputi: Pendidikan dengan keteladanan, Pendidikan dengan nasihat, Pendidikan dengan memberi perhatian/ kasih sayang, adapun konsep pendidikan menurut Lukman al Hakim adalah Pendidikan Tauhid/akidah, Pendidikan Ibadah, Pendidikan Moral, Pendidikan Etika, Pendidikan Kepribadian, dan Pendidikan KasihSayang.
Kata Kunci: Pendidikan, Lukman al Hakim
Referensi
Abdul Muin Salim, Beberapa Aspek Metodologi Tafsir Alquran, (Ujung pandang: LSKI, 2005)
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006)
Ahmad Arif Junaidi, Pembarharuan Meodologi Tafsir al-Qur'an Studi atas Pemikiran Tafsir Kontekstual Fazlur Rahaman, (Semarang: Gunung Jati, tt)
Ahsin Sakho Muhammad, et.,all., Al-Qur’an dan Tafsirnya, (Jakarta: Lentera Abadi, 2010)
Al Qur’an Dan Terjemahnya (Jakarta : PT. Bumi Restu, 1978)
Al-Ghazzaly, Ihya Ulumuddin II
Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006)
al-Maraghi, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghi, Terj. Bahrun Abubakar, (Semarang: Toha Putra, 1992), Juz XXI
Arikunto, Suharsini ,Prosedur Penelitian, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2005)
As Sayyid Ahmad al Hasyimie Bek, “Mukhtarul ahaaditsi an Nabawiyyah wal Hikami Muhammadiyyahâ€, Al Hidayah, Surabaya
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad hasby, Al Bayan, Tafsir Penjelas Al Qur’anul Karim, (Semarang: Pustaka rizki Putra, 2002)
Az-Zuhayli, Wahbah, Tafsîr al-Munîr, XI/143, (Beirut: Dar al-Fikr, 1991)
Baharuddin. H., Pendidikan & Psikologi Perkembangan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Darajat, Zakiah, Dr., dkk., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 2000)
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2011)
Ghofar, M. Abdul, dan Abu Ihsan al-Atsari, Tafsir Ibnu Katsir, Terj. Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsiir, (Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi‟i, 2008)
Hamka, Tafsir Al-Azhar, ( Jakarta: P.T. Pustaka Panjimas, 1998)
Hasan Langulung, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Al-Husna, 2007)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (jakarta: Rajawali pers, 2009)
Huda, Miftahul, Idealitas Pendidikan Anak, Tafsir Tematik QS. Luqman. (Malang: UIN Malang Press. 2009)
Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak Jilid 2, (Jakarta: Erlangga. 1978)
Kaelany HD, Drs., M.A. Islam & Aspek-Aspek Kemasyarakatan Edisi Kedua, (Jakarta: Bumi Aksara. 2005)
Majah, Ibnu, Sunan Ibnu Majah, (Darul Fikr,tt)
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar; 2009)
Nurdin, Muslim dan Ishak Abdullah, Moral dan Kognisi Islam, (Bandung: Alfabeta, 1993)
Qaimi, Ali, Dr., Menggapai Langit Masa Depan Anak, (Bogor : Penerbit Cahaya, 2002)
Qutb, Sayyid, Tafsir fi Zhilalil Qur’an, Terj. As‟ad Yasin dan Abdul Aziz Salim basyarahil, Di Bawah Naungan Al-Qur‟an, (Jakarta : Gema Insani Press, 2002),Jilid XXI
Rif’ani, Nur Kholish, Cara Bijak Rosulullah dalam Mendidik Anak, (Yogyakarta: Real Book, 2013)
Rifa’i, Muhammad Nasib, Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3. (Jakarta: Gema Insani. 2000)
Salim, Moh. Haitami, Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 11, (Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 1995)
Tim Penyusun Kamus Pusat pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994), edisi kedua
UU R.I No. 20 Th.2003 Tentang Sisdiknas & P P R.I Th. 2010
Tentang Penyelenggaraan Pendidikan&Wajib Belajar, (Bandung: Citra Umbara)
Yazid bin Abdul Qodir Jawas, Syarah Aqidah Ahlussunah Waljama’ah, (Bogor: Pustaka Imam Syafi‟i, 2006)
http://www.duriyat.or.id/artikel Akses 18/04/2016
http://www.erfan.ir/58834.html Akses 25/04/2016
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.