Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Ibn Miskawaih
Abstrak
ABSTRAKSI
Pengertian akhlak menurut Ibn Miskawaih yaitu kondisi jiwa manusia yang secara spontan mendorongnya untuk melakukan suatu perbuatan tanpa berpikir dan ragu. Karena menurut Ibn Miskawaih bidang akhlak termasuk salah satu yang mendasari konsepnya dalam pendidikan. Dan Ibn Miskawaih menjelaskan tentang dasar pendidikan, yang pertama adalah syari'at merupakan faktor penentu bagi lurusnya karakter manusia sehingga dapat memperoleh kebahagiaan. Yang kedua adalah psikologi, karena menurut Ibn Miskawaih karena antara pendidikan dan pengetahuan jiwa erat kaitannya untuk menjadikan karakter yang baik. Karena jika jiwa dipergunakan untuk hal yang baik, maka manusia akan sampai ketujuan yang mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih secara aktual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu aktual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini.Dalam mengaktualisasikan pendidikan akhlak, Ibn Miskawaih mencetuskan dua metode khusus. Pertama, adanya kemauan yang sungguh-sungguh untuk berlatih terus menerus dan menahan diri. Yang kedua, menjadikan semua pengetahuan dan pengalaman orang lain sebgai cermin bagi dirinya. Metode inilah yang di utamakan Ibn Miskawaih untuk tercapainya akhlak yang baik (akhlaqul karimah).
 Kata Kunci : Konsep Pendidikan, Akhlak, Ibn MiskawaihReferensi
Abdullah, Yatimin, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an, (Jakarta: Amzah, 2007).
Ahlan Wasahlan, Artikel: Metode Mengajar Tata Krama (Akhlak) (09//september 2008, http://www.ahlanwasahlan.warungbaca. blogspot.com. Diakses Tanggal 16 Mei 2016
Arifin, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005).
Bakhry, Sama'un, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005).
Berseijh, Husein, Terjemah Al-Hadits, (Surabaya: CV. Karya Utama, 2008).
Departemen Agama RI, Al-Qur'anul Karim, (Jakarta: Khodijah, 2010)
Ifaris Mohidris, Konsep Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih http://www.ifarismohidris.blogspot.com Diakses Tanggal 18 Mei 2016
Koesoemo A., Doni, Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global) (Jakarta: Grasindo, 2007).
Maulana, Dedy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam, (Solo: Ramadhan, 1991).
Muhaimin, Tadjab, dan Mudjib, Dimensi-dimensi Studi Islam, (Surabaya: Karya Abditama, 1994).
Mujib, Abdul, dan Mudzakkir Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006).
Munjih, Ahmad, dan Nor, Kholidah, Metode dan Tekhnik Pembelajaran Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Rafika Abditama, 2009).
Munjih, Ahmad, dan Nor, Lilik, Metode dan Tekhnik Pembelajaran Pendidukan Islam (Jakarta: PT Rafika Abditama, 2009).
Mustofa, H.A., Akhlak Tasawuf, (Bandung: Pustaka Setia, 2010)
Muthohhari, Murtada, Quantum Akhlak, (Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2010)
Nata, Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002).
Suharpaistaid, Konsep Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih http://www.suharpaistaid.wordpress.com/.html Di Akses Tanggal 18 Mei 2016
Sukarjo, Muhammad, dan Komarudin, Ukim, Landasan Pendidikan (Konsep dan Aplikasinya), (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009).
Supriyadi, Dedi, Pengantar Filsafat Islam Konsep, Filsafat dan Ajarannya, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2009).
UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, (Bandung: Citra Umbara, 2006).
Uusahmad Husaini, Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih http://www.uusahmadhusaini. blogspot.com Di Akses Tanggal 16 Mei 2016
Wahid, Sholahuddin, Transformasi Pesantren Tebuireng Menjaga Tradisi Di Tengah Tantangan, (UIN Maliki Press, 2011).
Widnaro, Pendidikan Agama Konsep Etika Moral dan Aklak http://www.widnaro.wordpress.com Di Akses Tanggal 18 Mei 2014
Yacop, Hamzah, Etika Islam, (Jakarta: CV Publicita, 1978).
http://haditspendidikan.com Di Akses Tanggal 18 Mei 2014
hhttp://porocip.blogspot.com/2013/05/firman-firman-allah-dan-hadits-hadits.html Di Akses Tanggal 16 Mei 2014
http//Tahzib al-Akhlak. blogspot.com /2008/01/ Akhlak-Ibn-Miskawaih. html Di Akses Tanggal 18 Mei 2016
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.