Pengaruh Multimedia (Handphone) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul `Ulum Megaluh Jombang
Abstrak
ABSTRAKSI
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan tentang ada tidaknya pengaruh multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menambah informasi ilmiah tentang pengaruh multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Multimedia (Handphone) berpengaruh positif signifikan untuk Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Hal ini dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan tehnik statistik dengan rumus product moment, diketahui hasil akhirnya diperoleh nilai rxy sebesar (0,945). Setelah dikorelasikan dengan r tabel diperoleh, untuk r tabel 5% = 0,433 dan untuk r tabel 10% = 0,549. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan berbunyi “ Terdapat pengaruh positif  antara penggunaan multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Mambaul ’Ulum Megaluh Jombangâ€Â dapat diterima kebenarannya.
Kata Kunci : Mutimedia (Handphone), Prestasi BelajaReferensi
Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).
Arikunto, Suharsimi, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1985).
Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
Departemen Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemah, (Jakarta: Mahkota Surabaya, 2005).
Djamaroh, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).
Djumransyah, M., Abdul Malik Karim Amrullah, PENDIDIKAN ISLAM, Menggali â€Tradisiâ€, Mengukuhkan Eksistensi, (Malang: UIN-Malang Press, 2007).
Faisal, Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).
Jurnal Penelitian UNIB, Vol. X, No.2, Juli 2004.
Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media, 2005).
Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, ( Jakarta: Gramedia, Anggota IKAPI, 1985).
Munir, Kurikulum Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi, Pengertian Multimedia Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta 11Samudra, 2009).
Prawiradilaga, Dewi Salma, Wawasan Teknologi Pendidikan, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012).
Raharjo, Budi, Sejarah Handphone, dalam internet Br. School (of Thought), diakses 18 April 2013. BR. School (of Thought).
Rusyan, Tabrina, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,1989).
Semiawan, Cony, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990).
Shaleh, Abdul Rahman, Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004).
Sugiono, Metode Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2002).
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGafindo Persada, 2010)
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).
Yudhi, Munadi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008).
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.