Pengaruh Nilai-nilai Pancasila dan Ajaran Islam Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional
Abstrak
ABSTRAKSI
Pancasila yang merupakan dasar Negara kita Indonesia mengandung nilai-nilai yang sinkron dengan ajaran Islam baik dilihat dari segi aqidah (kepercayaan), syari’ah (hukum) dan akhlak (moral). Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Laporan penelitian ini murni menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan Nasional. Sesuai dengan jenis dan sifat data yang diperoleh dari penelitian ini, maka tehnik analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat sinkronisasi antara nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam, yaitu pada masing-masing silanya sesuai dengan ajaran Islam, baik dari segi akidah, syariah, dan akhlak. Kedua, pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan nasional adalah sangat besar yaitu keduanya sama-sama dijadikan tolok ukur dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pancasila; Ajaran Islam; Tujuan Pendidikan;Â Nasional
Referensi
Abdullah, Tata, Landasan Dan Prinsip Pendidikan Umum (Makalah), (Bandung, Sekolah Pasca Sarjana UPI Bandung, 2004).
Al-Jamali, Fadhil, Menerabas Krisis Pendidikan Dunia Islam, (Jakarta, Dolden Terayon Press, 1992).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010).
Dahlan, Aziz, Abdul, Ensiklopedi Islam, (Jakarta, Ikhtiar Baru Vanhope, 2000).
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta, Bulan Bintang, 1991).
Darmodiharjo, Darji, dkk., Santiaji Pancasila, (Surabaya, Usaha Nasional, 1972).
Hadi, Amirul, dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia, 2005).
Haroen, Nasrun, Fiqh Mu’amalah, (Jakarta, Gaya Media Pratama, 2000).
Kasiram, Moh, Metodologi Penelitian, (Malang : UIN-MALIKI PRESS, 2008).
Ma’mur, Jamal, Asmani, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan (Jogjakarta : DIVA Press, 2011).
Ma’mur, Jamal, Asmani, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan, (Jogjakarta, Diva Press, 2011).
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan ( Jakarta : Rineka Cipta, 2005).
Mu’in, Taib Thahir Abdul, M., Ilmu Kalam, (Jakarta, Widjaya, 1986).
Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2008).
Nasution, Harun, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspeknya, Jilid I, (Jakarta, UI Press, 1979).
Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam,(Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2012).
Nottingham, K, Elizabeth, Agama dan Masyarakat, (Jakarta, CV. Rajawali, 1985).
P.J.Suwarno, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, (Jakarta, Aksara Baru, 1982).
Rahman, Fazlur, Islam, (terj.) Senoaji Saleh, dari judul asli Islam, (Jakarta, Bina Aksara, 1987).
Razak, Nasrudin, Dienul Islam, (Bandung, Ma’arif, 1977).
Sami, Abdus, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Jakarta, Lautan Lestari, 2010).
Sastrapratedja, M, “Agama dan Kepedulian Sosial†dalam Sutjipto Wirosardjono, Agama Dan Pluralitas Bangsa, (Jakarta, P3M, 1991).
Sudrajat, Ajat, (Din Al-Islam) Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, (Yogyakarta, UNY Press, 2008).
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada 2013).
Suryaman, Khaer, Pengantar Ilmu Hadits, (Jakarta, IAIN Jakarta, 1982).
Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta, Hidakarya Agung, 1996).
Sumber lain :
Arti Hakikat dan Dasar Pendidikan- Haeder Akib. files. wordpress.com
http/Trisna Setiyaningsih. Blogspot.com/2015/12/ peranan-pancasila – dalam - pendidikan.html
robisevilla.blogspot.com/2016/03/aqidah-syariah-dan-akhlak.html
www. putra-putri-indonesia.com/tujuan-pendidikan-nasional.html
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.