Urgensi Pendidikan Bagi Difabel (Studi Analisis dalam Perspektif Islam)
Abstrak
ABSTRAKSI
Pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu, ia tidak dibatasi oleh tebalnya tembok sekolah dan juga sempitnya waktu belajar di kelas. Secara kultural, pendidikan pada umumnya berada dalam lingkup peran, fungsi dan tujuan yang tidak berbeda. Semuanya hidup dalam upaya yang bermaksud mengangkat dan menegakkan martabat manusia melalui transmisi yang dimilikinya. Pendidikan tidak hanya diprioritaskan bagi anak-anak yang memiliki tingkat kegeniusan tinggi maupun anak-anak yang berasal dari keluarga bangsawan, tetapi juga bagi mereka yang dianggap berbeda dan terbelakang dari anak-anak normal lainnya. Baik anak normal maupun difabel diperintahkan untuk menimba ilmu sebanyak mungkin, mereka dituntut untuk belajar. Karya tulis ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang konsep pendidikan dalam Islam, bagaimana pendidikan difabel dalam Islam, dan sejauh mana urgensi dan peran pendidikam bagi kaum difabel dalam perspektif Islam. Dari karya tulis ini dapat disimpulkan, bahwa urgensitas pendidikan bagi difabel meliputi: pendidikan, hak-hak dan peran. Adapun aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya pendidikan bagi kaum difabel sangat penting, melihat kedudukan difabel sejajar dengan non-difabel. Oleh karenanya difabel memiliki hak untuk berpendidikan karena dalam kehidupan selalu berkembang sesuai perkembangan zaman dan sebagai salah satu bentuk perlawanan di era globalisasi seperti saat ini.
Kata Kunci: Difabel; Pendidikan; Islam
Referensi
An-nahlawy ,Abdurrahman, ushul At-Tarbiyah, Al-IslamiyahwaAsalibuha Fi Al- baitiwa Al-madrasatiwa Al-mujtama’i. (Beirut Libanon: Dar A-fikr Al-Mu’ashir, t.t.).
Arief, Armai, PengantarIlmudanMetodologiPendidikan Islam (Jakarta: CiputatPres, 2002).
Athiyyah , Muhammad Al-Abrasy, Prinsip-PrinsipDasarPendidikan Islam, (Bandung: PustakaSetia, 2003).
Anshori, Ibnu, PerlindunganAnakDalam Agama Islam, (Bandung: Citra Aditya Bhakti, 1999).
Al-Bugha, Dib, Musthafa, Al-WafiSyarahhadistArbain Imam Nawawi, (Surabaya: Hikmah, 2007).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. RinekaCipta, 2005).
Bernadip, Imam, Sutari, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, (Yogyakarta: FIP-IKIP 1986).
Bahreisj, Hussein, Al-Jami’usShahihBukhari-Muslim, (Surabaya: CV. KaryaUtama, 2012).
Daradjat, Zakiyah, dkk, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: PT BumiAksara, 1991).
Delphie, Bandi, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting PendidikanInklusif, (Bandung: PT Refika Aditama, 2001).
Driyarkara, DriyarkaraTentangPendidikan, (Yogyakarta: YayasanKasinius, 1950).
Departemen Agama RI, Al-Qur’an danTerjemahannya, (Surabaya: CV Mekar , 2007).
Hadi, Metode Research I, (Yogyakarta: AndiOffest, 1987).
Hidayanto, DwiNugroho, MengenalManusiadanPendidikan, (Yogyakarta: Liberty, 1988).
Ilahi, Mohammad Takdir, PendidikanInklusif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Jalaludin, TeologiPendidikan, Raja GrafindoPersada, (Jakarta,2001).
Kosasih, E., Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, (Bandung: YramaWidya, 2012).
Kasiram, Mohammad, MetodologiPenelitian, (Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2008).
Muchtar, HeriJauhar, FikihPendidikan, (Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2005).
Marimba, D. Ahmad, PengantarFilsafatPendidikan Islam, (Bandung, PT. Al-Ma’arif, 1995).
Muhammad, Husein, Islam Agama Ramah Difabel, (Yogyakarta: PT. LKiS, 2009).
Maleong, J. Lexy, MetodologiPenelitianKualitatif, (Bandung: PT RemajaRosadaKarya, 2006).
Meleong, MetodologiPenelitian, (Bandung: PT. RemajaRosadaKarya, 2006).
Noormindhawati, Lely, Islam MemulyakanSaudariku, (Jakarta: PT. Elex Media, 2013).
Nizar, FilsafatPendidikan Islam, (Jakarta: CiputatPers, 2002).
Purwanto, Ngalim, Muhammad, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: RemajaRosdaKarya, 1994)
Rif’ani, NurKholis, Cara BijakRasulullohDalamMendidikAnak, (Yogyakarta; Real Books, 2013).
Sugiyono, MetodePenelitianKualitatif, Kuantitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011).
Salim, Haitami, SamsulKurniawan, StudiIlmuPendidikan Islam, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).
Sunanto, Juang, ImplementasiPendidikanInklusif di Sekolah Dasar, Pusat Kajian dan Inovasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana UPI, (Bandung, 2009).
Salim, Mohammad Haitami, Pendidikan Agama dalam Keluarga, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Sukmadinata, Nana Syaodih, MethodePenelitianPendidikan, (Bandung: PT. RemajaRosadaKarya, 2006).
Suwarno, PengantarUmumPendidikan, (Jakarta :AksaraBaru, 1985).
Surakhmad, Winarno, PengantarPenelitianIlmiah, (Bandung: Tarsito, 1970).
Tafsir, Ahmad, IlmuPendidikanDalamPerspektif Islam, (Bandung: RemajaRosdaKarya, 2001).
Tanlain, Wens, dkk.,Dasar-dasarIlmuPendidikan, (Jakarta: Gramedia, 1989).
Uhbiyaty, Nur, IlmuPendidikan Islam, (Bandung: PustakaSetia, 1999).
UU SISDIKNAS, Visi Media, (Pasal 1, No.20.Tahun 2003).
UUD 1945, (pasal 28 nomor2 ).
http://www.Pertuni.idp-europe.org.Penyandang Ketunaan-IstilahPengganti-Penyandang Cacat.html aksestanggal 24/08/2016.
http://amexdifabel.wordpress.com
http:// hadistpendidikan.com
http:// kiflipaputungan.wordpress.com
http:// pendidikan.radensomad.com
http://www.islamdamai.com. akses 27/08/2016.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.