Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang
Abstrak
ABSTRAKSI
Pembinaan Baca-Tulis al-Qur’an atau sering disingkat BTQ, pada masa sekarang sangat diperlukan, apalagi untuk anak usia sekolah. Dari fenomena tersebut, penulis ingin mengangkat kasus ini melalui penelitian dengan judul : Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis al-Qur’an pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sementara teknik analisisdatanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program baca tulis Al-Qur’an dilakukan dengan cara belajar siswa aktif atau active-learning, dimana model pembelajaran yang digunakan dalam kelas memposisikan siswa sebagai subjek (student-center), dan guru sebagai pembimbing, dalam prosesnya, siswa dikelompokan berdasarkan kelasnya, setiap kelompok menggunakan metode yang berbeda pula.
Peningkatan kemampuan Baca-Tulis al-Qur’an siswa dengan pembelajaran Baca-Tulis al-Qur’an dikategorikan berhasil, terlihat dari siswa yang sebelumnya sama sekali tidak bisa Baca-Tulis al-Qur’an menjadi bisa, siswa yang sudah bisa Baca-Tulis al-Qur’an tapi belum lancar setelah mengikuti BTQ menjadi lancar dan siswa yang sebelumnya sudah lancar, menjadi mahir membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari tingkat kompetensi Baca-Tulis al-Qur’an yang berhasil.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an
Referensi
Al-Qur’an, (Jakarta:Gema Insani, 2004).
Anshari, HM. Hafi, Pengantar Ilmu Pendidikan,(Surabaya : Usaha Nasional, t.t.).
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam .(Jakarta : Ciputat Pers,2002).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Menurut Pendekatan Praktis (Jakarta, Rineka Cipta, 1991).
Ash Siddiqy,M.H, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an\Tafsir . (Jakarta : PT.Bulan Bintang, 1992).
Barnadib, Imam, Dasar-Dasar Pendidikan Perbandingan (Yogyakarta: Institut Press, IKIP Yogyakarta, 1988).
Daradjat Zakiah t, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 1993).
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004).
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya,(Jakarta: 1971)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: CV. Penerbit J-ART.Anggota IKAPI, t.t.).
Depdikbud RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta : Balai Pustaka, 1989 ).
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka: 2005).
Faizah, Nur, Sejarah Al Qur’an (Jakarta: Artha Rivera, 2008).
Gunawan, Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Bina Aksara, 1906).
H. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002).
H. Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya: Usaha Nasional, 1981 ).
Human, As’ad, Buku Iqra’ Cara Cepat Belajar Al-Qur’an (Jakarta: Menteri Agama RI,1990).
Iskandar, Rudy S, , Pengenalan Tipografi (Bandung: Buletin Pusat Perbukuan, 2002).
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (PT. Rineka Cipta, 2010).
Mas’adi, Ghufron A, Metodologi Pembaharuan Hukum Islam (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 1998).
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam(Bandung: Nuansa, 2003).
Nawawi, Imam, Adab Mengajarkan Al-Qur’an (Jakarta : Hikmah, 2001).
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung : CV Alfabeta, 2008).
Sujana,Nana, Cara Belajar Siswa Aktif (Bandung: Sinar Baru, 1989).
Syarifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Mambaca, Menulis, dan Mencintai
Triana, Dian, Penerapan Teknik Tartil Fashoka dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an Taman Pendidikan Al Quran Babussalam Tambar Jogoroto Jombang, (laporan penelitian, Universitas Darul ‘Ulum Jombang, 2012).
Undang-undang Replublik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta : PT. Kloang klede Putra Timur, 2003)
www.wordpress.com/konsep-strategi-belajar-mengajar/macam-macam-metode-mengajar/
www.xondis.blogspot.com/2015/01/pengertian-tujuan-dan-manfaat-menulis.html
Zarkasyi, Merintis Pendidikan TKA (Semarang: 1987).
Zuhairini, Metodologi Penelitian Agama (Solo : Ramdani, 1983).
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.