Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang
Abstrak
Abstraksi
Guru yang memiliki kemampuan profesional sangat di butuhkan. Untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan seorang guru yang profesional siswa akan mendapatkan pelajaran dan ilmu, sehingga siswa bisa termotivasi dan tertarik dengan proses belajar mengajar di sekolah. Sebaliknya apabila guru tidak memiliki kemampuan profesional, maka akan berdampak negatif dengan hasil belajarnya. Ada satu permasalahan dalam penelitian ini yaitu:
Apakah ada hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Untuk tehnik pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, penganalisaan data untuk angket hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data statistik digunakan rumus: Prosentase P = Berdasarkan hasil regresi diperoleh r hitung yang menunjukkan angka 0,612 lebih besar dari r tabel dengan angka sebesar 0,254. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang
Kata kuncinya: profesionalisme guru, prestasi belajar siswa
Referensi
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta : ‎Rineka Cipta, 2006)‎
Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. (Bandung: ‎Alfabeta, 2012)‎
Chosiyah. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - 2008‎
Djamarah, Syaiful Bahri. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - ‎‎2008‎
Hamalik. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - 2009‎
Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik ‎Berdasarkan Kurikulum. (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013)‎
Main, Abdul. profesional seorang guru.http://download.portalgaruda.org. ‎‎2010‎
Muhsinin. Profesionalisme Guru Berbasis Kinerja C. (Mojokerto: Pimpinan ‎Cabang NU, 2009) ‎
Nazir, Moh. Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009)‎
Premana. Prestasi belajar. http://download.portalgaruda.org/article.php. ‎‎2011‎
Sudjana. Metoda Statistika. (Bandung: Tarsito, 2003)‎
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : ‎Alfabeta, 2012)‎
Tilaar. Pengembangan profesi tenaga guru. http://eprints.uny.ac.id.2006‎
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.