Diskursus Model Kebijakan Pendidikan Islam Era Otonomi

  • Ahmad Ali Riyadi Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Orde Reformasi; kebijakan politik; pendidikan Islam

Abstrak

 

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan mengkaji mengkaji perdebatan konsep yang ditawarkan pada era reformasi yang di tandai dengan runtuhnya orde baru. Pada masa ini telah terjadi perubahan sistem kewenangan birokrasi politik kebijakan pendidikan Islam. Kewenangan ini menyangkut perubahan kewenangan penanganan lembaga pendidikan yang di serahkan ke daerah.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui studi kepustakaan. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Contents analysis) yaitu suatu teknik untuk mengambil kesimpulan dengan mengidentifikasi karakteristik-karakteristik khusus suatu pesan secara subjektif dan sistematis.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ada beberapa model pengelolaan pendidikan yang menjadi wacana kebijakan, diantaranya model sistem pendidikan berbasis sekolah dan sistem kompetensi. Di tengah perdebatan yang ditawarkan lembaga pendidikan Islam masih dibawah kewenangan kementerian agama secara struktural namun secara kultural lembaga pendidikan Islam mengikuti model kurikulum yang dikembangkan secara desentralisasi.

Kata Kunci: Orde Reformasi; kebijakan politik; pendidikan Islam

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Daftar Pustaka
Azra, Azyumardi,” Desentralisasi Pendidikan Dan Otonomi Daerah Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam,” dalam AT-TA’DIB: Forum Kajian Ilmiah Kependidikan Islam, Nomor 1 tahun 2000.
Brown, Daniel J., Desentralization and School Based Management, (New York; The Palmer Press, 1990)
Duhou, Ibtisam Abu, School Based Management, penerj. Noryamin Aini dan Suparto, (Jakarta; Logos, 2002)
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Rosda Karya, 2004)
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah, (Yogyakarta; Adicita, 2001)
Mujib, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung; Rosda Karya, 2005)
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2002)
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk, Pembelajaran Kontekstual (Cntextual Teaching and Learning/CTL) Dan Penerapannya dalam KBK, (Malang; Universitas Negeri Malang, 2003)
Rasyid, Riyaas, Afan Gaffar dan Syaukani, Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2002)
Diterbitkan
2018-06-11