Diskursus Model Kebijakan Pendidikan Islam Era Otonomi
Abstrak
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan mengkaji mengkaji perdebatan konsep yang ditawarkan pada era reformasi yang di tandai dengan runtuhnya orde baru. Pada masa ini telah terjadi perubahan sistem kewenangan birokrasi politik kebijakan pendidikan Islam. Kewenangan ini menyangkut perubahan kewenangan penanganan lembaga pendidikan yang di serahkan ke daerah.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui studi kepustakaan. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Contents analysis) yaitu suatu teknik untuk mengambil kesimpulan dengan mengidentifikasi karakteristik-karakteristik khusus suatu pesan secara subjektif dan sistematis.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ada beberapa model pengelolaan pendidikan yang menjadi wacana kebijakan, diantaranya model sistem pendidikan berbasis sekolah dan sistem kompetensi. Di tengah perdebatan yang ditawarkan lembaga pendidikan Islam masih dibawah kewenangan kementerian agama secara struktural namun secara kultural lembaga pendidikan Islam mengikuti model kurikulum yang dikembangkan secara desentralisasi.
Kata Kunci: Orde Reformasi; kebijakan politik; pendidikan Islam
Referensi
Azra, Azyumardi,†Desentralisasi Pendidikan Dan Otonomi Daerah Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam,†dalam AT-TA’DIB: Forum Kajian Ilmiah Kependidikan Islam, Nomor 1 tahun 2000.
Brown, Daniel J., Desentralization and School Based Management, (New York; The Palmer Press, 1990)
Duhou, Ibtisam Abu, School Based Management, penerj. Noryamin Aini dan Suparto, (Jakarta; Logos, 2002)
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Rosda Karya, 2004)
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah, (Yogyakarta; Adicita, 2001)
Mujib, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung; Rosda Karya, 2005)
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2002)
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk, Pembelajaran Kontekstual (Cntextual Teaching and Learning/CTL) Dan Penerapannya dalam KBK, (Malang; Universitas Negeri Malang, 2003)
Rasyid, Riyaas, Afan Gaffar dan Syaukani, Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2002)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.