Hubungan Kompetensi Pedadodik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pembagian angket dan dokumenter. Sedangkan penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan Product Moment untuk mengetahui adakah Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru yang dimiliki rata-rata memiliki Kompetensi Pedagogik baik, untuk Motivasi Belajar Siswa beragam ada yang rendah, sedang, dan tinggi dan ada hubungan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,444 antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2013)
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta; Rineka Cipta, 2015)
Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya; analisis di bidang pendidikan, (Jakarta; Bumi Aksara, 2011)
Irwantoro, Nur & Yusuf Suryana, Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional, (Sidoarjo; Genta group, 2016)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014)
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta; Rajawali Pers, 2012)
Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta; Rajawali Pers, 2011)
Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2010, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, bab XII Pendidik dan Tenaga Kependidikan pasal 171(Bandung; Citra Umbara, 2017)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.