Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 di SMPN 2 Wonosalam Jombang
Abstrak
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam K-13 di SMPN 2 Wonosalam Jombang, serta untuk mengetahui strategi sekolah SMPN 2 Wonosalam Jombang dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI K13 sehingga dapat berjalan dengan efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumenter, kemudian reduksi data yaitu penggolongan dan pemusatan data-data yang sudah diperoleh dilapangan; penyajian data yaitu mengumpulkan data secara tersusun dengan memberi kemungkinan adanya kesimpulan. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Problematika pembelajaran pendidikan agama islam K-13 di SMPN 2 Wonosalam Jombang tidak terlalu menonjol dikarenakan penerapan metode belajar yang tepat, dan dengan didukung oleh SDM yang berkompetensi. Keberhasilan pembelajaran PAI ini bisa berjalan efektif jika terjadi sinergi antara semua lini, baik guru, siswa maupun masyarakat setempat.
Kata Kunci: Problematika; Pembelajaran PAI; Kurikulum 2013
Referensi
Abidin, Zainul, “Konsep pendidikan Islam Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup†dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Volume 1, No. 2, Juli-Desember 2016
Ahmadi, Abu, Strategi Belajar, (Bandung; Pustaka Setia, 1992)
Amiruddin, Zainal, Pengantar Metode Penelitian Hukum, (Jakarta: Raja Grafindo, 2004)
Asy Syakhs, Abdul Aziz, Kelambanan dalam Belajar dan Cara Penanggulangannya, (Jakarta; Gema Insani, 2004)
Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, (Jakarta; PT. Intermassa, 2009)
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, (Bandung: PT. RemajaRosdakarya,2013)
Hujair, Paradigma Pendidikan Islam, (Yogjakarta: Safitria Insania Press, 2003)
Indrakusuma, Amir Daim, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha nasional, 1973)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dokumen Kurikulum 2013, Desember 2012
Majid, Abdul & Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2002)
Muda, Ahmad A.K., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: Dilengkapi dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), (Jakarta: Reality Publisher, 2006)
Muhaimin, Abd. Ghofir & Nur Ali Rahman, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Karya Anak Bangsa, 1996)
Muhaimin, Pengembangan KurikulumPendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah Dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: Rajawali Press, 2005)
Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)
Munisu HW, Sastra Indonesia (Bandung:Rosdakarya, 2002)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan (Bandung; PT Remaja Rosda Karya2003)
Sahertian, Piet dan Ida Aleda Sahertian, Supervise Pendidikan Dalam Rangka Program Inservise Education, (Jakarta; Rineka Cipta, 1992)
Saifullah, Ali. Antara Filsafat Dan Pendidikan, (Surabaya; Usaha Nasional, 1989)
Subroto, Suryo, Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan Di Sekolah (Jakarta; Bina Aksara, 1984)
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung; Alfabeta, 2005)
Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Surabaya: Abditama, 1997)
TIM Redaksi Fokus Media, Standar Nasional Pendidikan (Bandung; Fokus Media, 2005)
Wawancara dengan Agus Junaidi, S.Pd.I, 14 Mei 2018
Yusuf, Tayar & Syaiful Anwar, Metodelogi & Pengajaran Agama & Bahasa Arab, (Jakarta: Raja Grafindo, 1992)
Zainuddin, M., Reformasi Pendidikan (Kritikan Kurikulum danManajemenBerbasis Sekolah), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.