Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada konsep pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini secara teoritis, dapat berkontribusi dalam mengembangkan konsep pendidikan di Indonesia dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dapat mengembangkan wawasan pengetahuan dan pola fikir para pendidik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu menggali pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan buku, jurnal dan lainnya yang terkait dengan pokok pembahasan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta suatu kejadian, objek, aktivitas, proses, dan manusia secara apa adanya pada waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Ki Hajar tersebut masih relevan hingga saat ini. Dilihat dari pemikiran-pemikiran beliau yang sesuai dengan konsep yang masih diimplementasikan yaitu pendidikan dan pengajaran yang merupakan upaya yang disengaja untuk memerdekakan aspek lahiriah dan batiniah manusia.
Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan di Indonesia
Referensi
Dewantara, Ki Hajar, Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977)
Dewatara, Ki Hajar, Kebudayaan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1967)
Idris, Muh., “Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengembangan Pendidikan Islamâ€, dalam Jurnal MIQOT, Manado, Sulawesi Utara: Jurusan Tarbiyah STAIN, Volume 38, Nomor 2, Desember, 2014
Muthoifin dan Mutohharun Jinan, “Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran Karakter dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islamâ€, dalam Jurnal Studi Islam, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Volume 16, Nomor 2, Desember 2015
Samho, Bartolomeus, Oscar Yasunari, Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tantangan-Tantangan Implementasinya di Indonesia Dewasa Ini, (Dalam Skripsi) Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan Bandung, 2010
Subandi, Subandi, “Menderadikalisasi Faham Radikal Melalui Pendidikan Multikultural dan Karakter Lokal di Lampung†dalam Fikri, No. 2, Vol. 2 (2017)
Sukardjo dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009)
Suparlan, Henricus, “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesiaâ€, dalam Jurnal Filsafat, Yogaykarta: Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Volume 25, Nomor 1, Februari, 2015
Suroso, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Scholaria, Staff Pengajar Progdi S1 PGSD-FKIP-UKSW, Volume 1, Nomor 1, Mei, 2011.
Syaikhudin, Ahmad, “Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantoroâ€, dalam Jurnal Cendikia, Ponorogo: Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo, Volume 10, Nomor 1, Juni 2012
Utami, Puji Nur, Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara, (Dalam Skripsi) Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2017
Yohana, Neni, “Konsepsi Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulungâ€, dalam Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Cirebon: IAIN Syekh Nutjati, Volume 2, Nomor 1, Februari, 2017
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.