Pengembangan Manajemen Pendidikan Karakter dengan Whole School Development Approach (WSDA) di MTs. Babussalam Tambar Jombang

  • Eko Hadi Wardoyo Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Agung Prakoso Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Pengembangan, Manajemen, Pendidikan Karakter, Whole School Development Approach (WSDA)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Manajemen Pendidikan Karakter dengan Whole School Development Approach (WSDA) di MTs. Babussalam Tambar Jogoroto Jombang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan dengan maksud untuk mendeskripsikan realita sosial yang konkrit, sehingga sesuai dengan penelitian serta pelaksanaannya melibatkan pimpinan dan seluruh tenaga kependidikan yang ada.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (participant observation), wawancara dan teknik dokumen (document study). Sedang analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data penelitian yang sudah terhimpun, baik data kualitatif (berupa paparan kata-kata atau kalimat) maupun data kuantifikasi (berupa angka-angka) akan diolah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan manajemen pendidikan karakter dengan Whole School Development Approach (WSDA) di MTs. Babussalam Tambar Jogoroto Jombang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan melibatkan peran dan tanggungjawab semua komponen pendidikan di sekolah dan peran serta orang tua di rumah.

Kata Kunci: Pengembangan, Manajemen, Pendidikan Karakter, Whole School Development Approach (WSDA)

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Al-Ghozali, Imam, Ihya’ Ulum al-Din, Juz III (Beirut: Dar al-Fikr, tt)
Anees, Bambang Q., dan Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur’an (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008)
Arismantoro, Tinjauan Berbagai Aspek Character Building; Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008
Arsip administrasi sekolah MTs. Babussalam Tambar Jogoroto Jombang
Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis Islami; Tataran Teoritis dan Praktis (Malang: UIN Press, 2008)
Fajar, A. Malik, Visi Pendidikan Islam (Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Penyusunan Naskah Indonesia (LP3NI), 1998)
Fajri, Em Zul dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Jakarta: Dhifa Publiser, 2003)
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
Hasil Wawancara dengan Mukh. Khusnul Khuluq Waka Kesiswaan MTs. Babussalam Tambar Jogoroto Jombang, pada tanggal 29 Juli 2018
Hernowo, Self Digesting; Alat Menjelajahi dan Mengurai Diri (Bandung: Mizan Media Utama, 2004)
Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 2007)
Lickona, Thomas, The Fourth And Fifth RS, Volume 10 (Cortland: School of Education, 2003)
Lickona, Thomas; E. Shapes dan C. Lewis, CEP’s Eleven Principles of Effective Character Education (Washington, Character Education Partnership, 2003)
Matta, M. Anis, Membentuk Karakter Cara Islam (Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2006)
Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitaia Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
Raymond J. Corsini, Encyclopedia of Psichology (United State of Amirika, Intercience Publication, 1994)
Rochaety, Eti, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Terry, George R., dan Leslie W. Rue, Prinsiples of Manajement, Terjemahan Indonesia oleh G. A. Ticoalu, Prinsip-prinsip Manajemen (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Tilman, Diane, Living Values Activities For Children Ages 8-14; Pendidikan Nilai Untuk Anak Usia 8-14 Tahun (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004)
Tim Redaksi Majalah Sabilillah, Pendidikan Sabilillah; Sehati Mendidik Membangun Peradapan Umat, Edisi Januari 2009 (Malang: LPIS, 2009)
Triana, Dian, ”Kepemimpinan: PengembanganOrganisasi, Team Building dan Individu Building (StudiKasus di MI Babussalam Tambar JogorotoJombang )”, dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Volume 2, No 1, 2017
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wijaya, Agus, dkk, Kepemimpinan Berkarakter; Telaah Tentang Pemimpin Efektif, (Sidoarjo: Brilian Internasional, 2009)
Diterbitkan
2018-12-31