Upaya Guru Agama Islam dalam Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja (Studi Kasus di SMA Avicenna Mojongapit Jombang)

  • A. Syafi' AS. Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Yulia Rahmawati Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Problematika, Kenakalan Remaja

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi problematika kenakalan remaja SMA Avicenna Mojongapit Jombang.

Sumber data penelitian berupa narasumber (informan), peristiwa/aktivitas, dan dokumentasi/arsip. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kulitatif.

Hasil penelitian: Bentuk kenakalan remaja (siswa) di SMA Avicenna Mojongapit Jombang, diantaranya melanggar ketentuan seragam sekolah, pulang dan keluar pada jam efektif tanpa ada keterangan, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, membolos, terlambat datang dan merokok di area sekolah. Faktor penyebab kenakalan siswa di SMA Avicenna Mojongapit Jombang terdiri dari Faktor Internal dan Faktor eksternal Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah kenakalan siswa di SMA Avicenna Mojongapit Jombang adalah bersifat Preventif (pencegahan) seperti melalui Kegiatan Keagamaan Islam, dan bersifat kuratif (penyembuhan) dengan memberikan teguran dan nasihat, perhatian khusus, bimbingan dengan cinta dan kasih saying kepada paa siswa yang bermasalah.

 Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Problematika, Kenakalan Remaja

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta; Rineka Cipta, 2006 )
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Bandung; Rosda Karya, 1995)
Departemen Agama RI.,Al-Quran dan Terjemah, (Jakarta: Dep. Agama RI, 2000)
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta; Balai pustaka, 2002 edisi III cet. 2)
Dokumentasi SMA Avicenna Mojongapit Jombang
Fadjar, A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta; Remaja Rosdakarya, 2006)
Furchan, Arif, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surabaya; Usaha Nasional, 1992)
Marimba, Ahmad D., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta; Bulan Bintang, 1998)
Marzuki, Metodologi Riset, (Yogyakarta; BPFE-UII, 2005)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Remaja Rosda Karya, 2005)
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung; Remaja Rosda Karya, 2001)
Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Bogor; Galia Indonesia, 2009)
Nurdin, Muhammad, Kiat menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta; Prisma Sophie, 2004)
Poerwanti, Endang & Nur Widodo, Perkembangan Peserta Didik, (Malang; Universitas Muhammadiyah Malang, 2002)
Qolbiyyah, Shofwatal, “Kenakalan Remaja (Analisis Tentang Faktor Penyebab dan Solusinya dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam” dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Vol. 2, No. 1 Januari-Juni 2017
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2004)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, (Jakarta; Kencana Prenada media group, 2007)
Singgih D. Gunarsa, Y. dan Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, (Jakarta; BPK Gunung Mulia, 1990)
Sudarsono, Kenakalan Remaja, (Jakarta; Rineka Cipta, 2004)
Sumara, Dadan, dkk., “Kenakalan Remaja dan Penangannya” dalam Jurnal Penelitian dan PPM, Vol. 4, No. 2, Juli 2017
Surya, Mohamad, Percikan Perjuangan Guru, (Bandung; Pustaka Bani Quraysi, 2006)
Tafsir, Ahmad, Metodologi pengajaran Agama Islam, (Bandung; Remaja Rosdarika, 2003)
UURI, No. 14 Th. 2005, Tentang Guru dan Dosen, (Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional, 2005)
Wawancara dengan Mafsudin, S.Pd.I, Guru PAI SMA Avicenna Mojongapit Jombang, 10 Juni 2018
Wawancara dengan Sulaiman, S.Pd, Guru PAI SMA Avicenna Mojongapit Jombang, 10 Juni 2018
Diterbitkan
2019-06-29