Upaya Guru Agama Islam dalam Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja (Studi Kasus di SMA Avicenna Mojongapit Jombang)
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi problematika kenakalan remaja SMA Avicenna Mojongapit Jombang.
Sumber data penelitian berupa narasumber (informan), peristiwa/aktivitas, dan dokumentasi/arsip. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kulitatif.
Hasil penelitian: Bentuk kenakalan remaja (siswa) di SMA Avicenna Mojongapit Jombang, diantaranya melanggar ketentuan seragam sekolah, pulang dan keluar pada jam efektif tanpa ada keterangan, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, membolos, terlambat datang dan merokok di area sekolah. Faktor penyebab kenakalan siswa di SMA Avicenna Mojongapit Jombang terdiri dari Faktor Internal dan Faktor eksternal Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah kenakalan siswa di SMA Avicenna Mojongapit Jombang adalah bersifat Preventif (pencegahan) seperti melalui Kegiatan Keagamaan Islam, dan bersifat kuratif (penyembuhan) dengan memberikan teguran dan nasihat, perhatian khusus, bimbingan dengan cinta dan kasih saying kepada paa siswa yang bermasalah.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Problematika, Kenakalan Remaja
Referensi
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Bandung; Rosda Karya, 1995)
Departemen Agama RI.,Al-Quran dan Terjemah, (Jakarta: Dep. Agama RI, 2000)
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta; Balai pustaka, 2002 edisi III cet. 2)
Dokumentasi SMA Avicenna Mojongapit Jombang
Fadjar, A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta; Remaja Rosdakarya, 2006)
Furchan, Arif, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surabaya; Usaha Nasional, 1992)
Marimba, Ahmad D., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta; Bulan Bintang, 1998)
Marzuki, Metodologi Riset, (Yogyakarta; BPFE-UII, 2005)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Remaja Rosda Karya, 2005)
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung; Remaja Rosda Karya, 2001)
Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Bogor; Galia Indonesia, 2009)
Nurdin, Muhammad, Kiat menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta; Prisma Sophie, 2004)
Poerwanti, Endang & Nur Widodo, Perkembangan Peserta Didik, (Malang; Universitas Muhammadiyah Malang, 2002)
Qolbiyyah, Shofwatal, “Kenakalan Remaja (Analisis Tentang Faktor Penyebab dan Solusinya dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam†dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Vol. 2, No. 1 Januari-Juni 2017
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2004)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, (Jakarta; Kencana Prenada media group, 2007)
Singgih D. Gunarsa, Y. dan Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, (Jakarta; BPK Gunung Mulia, 1990)
Sudarsono, Kenakalan Remaja, (Jakarta; Rineka Cipta, 2004)
Sumara, Dadan, dkk., “Kenakalan Remaja dan Penangannya†dalam Jurnal Penelitian dan PPM, Vol. 4, No. 2, Juli 2017
Surya, Mohamad, Percikan Perjuangan Guru, (Bandung; Pustaka Bani Quraysi, 2006)
Tafsir, Ahmad, Metodologi pengajaran Agama Islam, (Bandung; Remaja Rosdarika, 2003)
UURI, No. 14 Th. 2005, Tentang Guru dan Dosen, (Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional, 2005)
Wawancara dengan Mafsudin, S.Pd.I, Guru PAI SMA Avicenna Mojongapit Jombang, 10 Juni 2018
Wawancara dengan Sulaiman, S.Pd, Guru PAI SMA Avicenna Mojongapit Jombang, 10 Juni 2018
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.