Kompetensi Guru dan Implementasinya dalam Pembelajaran
Abstrak
Dalam proses belajar mengajar melibatkan dua pelaku aktif yaitu guru dan siswa. Guru sebagai pengajar merupakan pencipta kondisi belajar siswa yang didesain secara sengaja, sistematis, dan berkesinambungan. Sedangkan anak sebagai subjek pembelajaran merupakan pihak yang menikmati kondisi belajar yang diciptakan seorang guru. Namun dalam kenyataannya guru yang memiliki kompetensi yang baik sangat jarang ditemukan, hal ini disebabkan adanya beberapa faktor yang kurang mendukung diantaranya faktor latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan penguasaan materi.
Oleh karena itu karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru dan Implementasinya dalam Pembelajaran.
Hasil karya ilmiah ini menunjukkan bahwa Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara seimbang membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap siswa, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi, dan profesionalisme.
Kata Kunci: Kompetensi, Guru, Pembelajaran
Referensi
Aisyah, Musyaf, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: Jabal, 2010)
al-Abrasy, Muhammad Athiyah, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, (Bandung : CV. Pustaka Setia, 2003)
Djamarah, Syarif Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1991)
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002)
Hidayat, Syarif, Profesi Kependidikan : Teori dan Praktik di Era Otonomi, (Tangerang : Pustaka Mandiri, 2012)
http/www.ika Hardiyana Aksari Kompetensi Pedagogi Guru.htm
Janawi, Kompetensi Guru Citra Guru Profesional (Bandung: Alfabeta, 2011)
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008)
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Mulyasa, E., Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru : Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, (Jakarta : Kencana, 2012)
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2005)
Nurdin, Muhammad, Kiat menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta; Prisma Sophie, 2004)
Payong, Marselus R., Sertifikasi Profesi Guru : Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya, (Jakarta Barat: PT Indeks, cet. Ke-1, 2011)
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)
Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: t.p, 2006)
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.