Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar PAI Kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang

  • Abdul Rouf Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Abu Yasa Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PAI

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki  intelligence quotient (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Kenyataannya dalam proses belajar siswa, tidak hanya IQ yang diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang. Adapun teknik pengambilan sampelnya menggunakan sample random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kecerdasan emosional siswa dilakukan dengan penyebaran angket, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan dengan meminta nilai siswa di MTs tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data korelasi product moment.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI di MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PAI

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. Emotional Spiritual Quotient. (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001)
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah, (Jakarta: Kencana, 2013)
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. (Bandung: Alfabeta, 2009)
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, (Jakarta: Jabal 2010)
Fitri Indah Yanti, ”Hubunga Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar PAI”, Skripsi, (Surabaya: Universitas Adi Buana, 2016)
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. (Jakarta: Referensi 2013)
Lebih lajut lihat di http://amarsuteja.blogspot.com/2013/01/kecerdasan-manusia.html
Lebih lanjut lihat di https://dosenmuslim.com/pendidikan/pengertian-kurikulum-pendidikan-agama-islam/
Lebih lanjut lihat http://mujabgs57.blogspot.com/2012/04/teori-belajar-menurut-islam.html
Lebih lanjut lihat http://www.nadiguru.web.id/2016/04/pengertian-kecerdasan-menurut-para-ahli.html
Margono, S.. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Nurita, Meta. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan”. dalam Jurnal Psikologi, 2012, hlm. 1-35
Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro, “Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional di MI Nizhamiyah Tanggungkramat Kecamata Ploso Jombang” dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol.2 No. 1 Juni 2017, hlm. 468-492
Santrock, John W, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, (Jakarta: Kencana, 2008)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Sukma Dinata, nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005)
Sumiyarsih, Wiwik Endah Mujiasih dan Jati Ariati.. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang)”. dalam Jurnal Psikologi Undip, Vol. 11, No.1. April 2012, hlm.1-9
Diterbitkan
2019-06-29