Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Asrama Al-Falah Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Asrama Al-Falah Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang lebih menekankan pada kekuatan analisis data dan sumber-sunber data yang ada. Sumber-sumber tersebut penulis memperoleh dari berbagai buku-buku dan tulisan-tulisan lainnya dengan mengandalkan teori teori yang ada untuk diinterpretasikan secara jelas dan mendalam untuk menghasilkan tesis dan anti tesis dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan interview atau wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan melalui tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hypnoteching sangat berpengaruh untuk menumbuhkan motivsi belajar siswa Asrama Al-Falah Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.
Kata Kunci: Metode hypnoteaching, Motivasi Belajar, Siswa
Referensi
Al-Muqtadiru, Faisal, Positive Hypnotist Power of Mind (Bandung: AMQ Press, 2009)
Arifin. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tindakan Teoritis & Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur penelitian (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002 )
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1995)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surat Az-Zalzalah (99), 8), (Bandung : CV Penerbit Diponegoro, Thn 2008)
El-Fiky, Ibrahim, Sepuluh Kunci Kesuksesan (Yogyakarta: PT. Suka Buku,2011).
Faisal Al-Muqtadiru, Positive Hypnotist Power of Mind (Bandung: AMQ Press, 2009)
Hamzah, Ali, Pendidikan Agama Islam (Bandung: Alfabeta, 2014)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: PT Raja Pravindo Prasaja, 1999)
Holiah, Iis, Pendekatan Hypnoteaching Sebagai Sebuah Inovasi Dalam Pembelajaran (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011)
Ibnu Hajar, Hypnoteaching Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hypnoterapi (Jogjakarta: Diva Press, 2011)
Indrawati, Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem (Semarang : Rasail Media Group, 2008)
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21 (Jakarta: Pustaka al Husna, 1998)
Maulana, Jefri, Wawancara, PPDU Jombang, 22 Juli 2018.
Noer, Muhammad, Hypnoteaching for Success Learning (Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010)
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)
Salim, Agus, Teori & Paradigma Penelitian Sosial (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006)
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Rineka Cipta, 2001)
Sholichatun., “Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang†dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol.2, No.2 Desember 2017
Soejono, Abdurrahman, metode Suatu Pemikiran dan Penerapan (Jakarta : Reneka Cipta, 2009)
Soejono, Pendahuluan Didaktik Metodik Umum (Bandung: Bina Karya, 1980)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif (Bandung: Alfabeta,2010)
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Wahab, Abdul, Metode dan Model-Model Mengajar (Bandung: Alfabeta, 2009)
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran edisi revisi (Jakarta: Grasindo, 1996)
Yustisia, N. , Hypnoteaching (Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2012)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.