Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Lingkungan Sekolah dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak

  • Eko Hadi Wardoyo Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Nilai-nilai Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Anak

Abstrak

Penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah sangatlah penting, terutama untuk anak-anak yang sudah berkewajiban untuk menjalankan perintah syariat agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual anak. Hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk menambah informasi ilmiah tentang permasalahan penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah.

Penelitian ini bersumber dari beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan atau disebut dengan penelitian pustaka. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah sangat menunjang untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual anak.

Kata Kunci : Nilai-nilai Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Anak

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Abidin, Zainal, “Konsep Pendidikan Islam Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup” dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol.1. No.2 Juli- Desember 2016
Achmadi, Mochammad I., Kaifa Nurabbi Abnaa’ana, (Yogyakarta: SJ Press, 2009)
Agustin, Risa, Kamus Bahasa Indonesia, (Surabaya: CV. Serbajaya, 2009)
Ahmad, KH. Jamaluddin, Sebelas Langkah Resep Al Ghazali (Jombang: Al-muhibbin, 2009)
Al-Hamid, Zaid Husain, Mukhtasar Ihya’ Ulumuddin Imam Ghazali, (Jakarta: Pustaka Amani, 2007)
Anshari, Hafi, Dasar-dasar Ilmu Jiwa Agama, (Surabaya: Usaha Nasional, 2001)
Azizy, A. Qodri, Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, (Jakarta: PT. Sa’adah Cipta Mandiri, 2003)
Bahreisj, Hussein, Himpunan Hadits Shahih Bukhari (Surabaya: Al-Ikhlas, 1981)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Jabal Roudhoh, 2010)
Ginanjar, Ary, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual, (Jakarta: PT Arga Tilanta, 2001)
Jalaluddin, Psikologi Agama. (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2009
Matondang, Husnel Anwar, “Konsep Al-iman dan Al-islam : Analisis Terhadap Pemikiran Al-‘Izz Ibn Abd As-salam” dalam Analytica Islamica, Vol.4. No. 1. 2015
Mazahiri, Husain, Pinter Mendidik Anak, (Jakarta: Ciputat Pres, 2006)
Mukri, Ridwan, ESQ For Teens, (Jakarta: Arga Printing, 2009)
Salam, Burhanuddin, Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral (Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2000)
Soelaiman, “Integrasi IMTAQ dan IPTEK Dalam Pembelajaran di Lingkungan Lembaga Pendidikan Islam SMP Plus Al-kautsar Malang” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 2 Januari-Juni 2016
Sukidi, Mencerdaskan Spiritual, (Jakarta: PT Gramedia, 2004)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: Rosdakarya, 2004)
Diterbitkan
2019-06-29