Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Lingkungan Sekolah dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak
Abstrak
Penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah sangatlah penting, terutama untuk anak-anak yang sudah berkewajiban untuk menjalankan perintah syariat agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual anak. Hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk menambah informasi ilmiah tentang permasalahan penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah.
Penelitian ini bersumber dari beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan atau disebut dengan penelitian pustaka. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah sangat menunjang untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual anak.
Kata Kunci : Nilai-nilai Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Anak
Referensi
Achmadi, Mochammad I., Kaifa Nurabbi Abnaa’ana, (Yogyakarta: SJ Press, 2009)
Agustin, Risa, Kamus Bahasa Indonesia, (Surabaya: CV. Serbajaya, 2009)
Ahmad, KH. Jamaluddin, Sebelas Langkah Resep Al Ghazali (Jombang: Al-muhibbin, 2009)
Al-Hamid, Zaid Husain, Mukhtasar Ihya’ Ulumuddin Imam Ghazali, (Jakarta: Pustaka Amani, 2007)
Anshari, Hafi, Dasar-dasar Ilmu Jiwa Agama, (Surabaya: Usaha Nasional, 2001)
Azizy, A. Qodri, Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, (Jakarta: PT. Sa’adah Cipta Mandiri, 2003)
Bahreisj, Hussein, Himpunan Hadits Shahih Bukhari (Surabaya: Al-Ikhlas, 1981)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Jabal Roudhoh, 2010)
Ginanjar, Ary, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual, (Jakarta: PT Arga Tilanta, 2001)
Jalaluddin, Psikologi Agama. (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2009
Matondang, Husnel Anwar, “Konsep Al-iman dan Al-islam : Analisis Terhadap Pemikiran Al-‘Izz Ibn Abd As-salam†dalam Analytica Islamica, Vol.4. No. 1. 2015
Mazahiri, Husain, Pinter Mendidik Anak, (Jakarta: Ciputat Pres, 2006)
Mukri, Ridwan, ESQ For Teens, (Jakarta: Arga Printing, 2009)
Salam, Burhanuddin, Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral (Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2000)
Soelaiman, “Integrasi IMTAQ dan IPTEK Dalam Pembelajaran di Lingkungan Lembaga Pendidikan Islam SMP Plus Al-kautsar Malang†dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 2 Januari-Juni 2016
Sukidi, Mencerdaskan Spiritual, (Jakarta: PT Gramedia, 2004)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: Rosdakarya, 2004)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.