Hubungan Kompetensi Pedadodik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang sumber datanya dilakukan dengan penelitian pustaka yaitu mengkaji beberapa literatur yang terkait dengan pokok permasalahan. Sedangkan teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu memaparkan semua data tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa, kemudian ditarik suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Pedagogik yang dimiliki guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Yang berarti bahwa motivasi belajar siswa sangat ditentukan oleh peranan guru yang memiliki kompetensi pedagogik.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Referensi
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014)
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2013)
Irwantoro, Nur & Yusuf Suryana, Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional, (Sidoarjo; Genta Group, 2016)
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta; Rajawali Pers. 2011)
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta; Rineka Cipta, 2015)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, SISDIKNAS bab II pasal 3, (Bandung; Citra Umbara, 2017)
Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2010, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, bab XII Pendidik dan Tenaga Kependidikan pasal 171(Bandung; Citra Umbara, 2017)
UU Nomor 14 Tahun 2005, SISDIKNAS, (Bandung; Citra Umbara, 2017)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.