Penerapan Metode LSQ (Learning Start With Question) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode LSQ (Learning Start with Question) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar belakang perpustakaan Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri literatur-literatur yang terkait dengan pokok permasalahan penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan melaui teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa keaktifan guru dalam kemampuan menciptakan suasana masih perlu ditingkatkan lagi, dan perlu untuk dikembangkan metode LSQ (Learning Start with Question), sehingga siswa yang belum terbiasa dengan kondisi belajar dengan menggunakan metode LSQ tersebut akan merasa terbiasa dan antusias dalam proses belajar mengajar berlangsung, dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga dapat meningkat.
Kata Kunci: Metode LSQ (Learning Start with Question), Hasil Belajar Siswa
Referensi
CBSA, Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung : Sinar Baru 2004)
Departemen Agama RI., Alqur`an dan Terjemah (Semarang: Toha Putra, 1990)
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya:Usaha Nasional,1994)
______, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008)
Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran aktif-Menyenangkan, (Yugyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009)
http//ilmupendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http//ninipendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http//pendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http://alone-education.blogspot.com/2009/07/strategi-pembelajaran-lsq-learning.html. diakses tgl 9 Mei 2019
Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Efal Pengajar (Bandung: Remaja Karya.1986)
______, Psikolog Pendidikan, (Bandun g Rosdakarya 2004)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Suprijono, Agus, Coperative, Learning, Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Suwarno, Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jogjakarta:Ar Ruzz,2006)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.