Penerapan Metode LSQ (Learning Start With Question) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Shofwatal Qolbiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Metode LSQ (Learning Start with Question), Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode LSQ (Learning Start with Question) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar belakang perpustakaan Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri literatur-literatur yang terkait dengan pokok permasalahan penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan melaui teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa keaktifan guru dalam kemampuan menciptakan suasana masih perlu ditingkatkan lagi, dan perlu untuk dikembangkan metode LSQ (Learning Start with Question), sehingga siswa yang belum terbiasa dengan kondisi belajar dengan menggunakan metode LSQ tersebut akan merasa terbiasa dan antusias dalam proses belajar mengajar berlangsung, dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga dapat meningkat.

Kata Kunci: Metode LSQ (Learning Start with Question), Hasil Belajar Siswa

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Ahmadi, Moch. Ishom, Kaifa Nurabbi Abnaa’ Ana, (Yogyakarta: SJ Press, 2009)
CBSA, Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung : Sinar Baru 2004)
Departemen Agama RI., Alqur`an dan Terjemah (Semarang: Toha Putra, 1990)
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya:Usaha Nasional,1994)
______, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008)
Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran aktif-Menyenangkan, (Yugyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009)
http//ilmupendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http//ninipendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http//pendidikan.blogspot.co.id. diakses 2 Mei 2019
http://alone-education.blogspot.com/2009/07/strategi-pembelajaran-lsq-learning.html. diakses tgl 9 Mei 2019
Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Efal Pengajar (Bandung: Remaja Karya.1986)
______, Psikolog Pendidikan, (Bandun g Rosdakarya 2004)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Suprijono, Agus, Coperative, Learning, Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Suwarno, Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jogjakarta:Ar Ruzz,2006)
Diterbitkan
2019-06-29