Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai hitung<rtabel baik pada signifikansi 5% (0.017<0,3961) maupun 1% (0.017<0,5052). Berdasarkan analisis penulis, bisa diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orangtua terhadap motivasi belajar siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.
Kata Kunci: Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa.
Referensi
______, Fathul Bari, (Darul Fikr, juz 9, tt.),
Ali, H. Mohammad, Strategi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Angkasa, 1993),
Al-Manawi, Muhammad Abdurrouf, Faidul Qodir, (Darul Fikr, Juz 6, tt.)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. Bina Aksara, 1989)
Brata, Sumadi Surya, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: 1998)
Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997)
Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahan Indonesia, (Solo; PT Qomari Prima Publisher, 2010)
______, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam UU Sikdiknas, (Jakarta: 2003)
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
______, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Hanifah, Abu, Sarah Musnad Abi Hanifah, (Darul Fikr, Juz 1, tt.)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006)
Indrakusuma, Amir Dalen, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1973)
Mahmud Mahdi Istanbuli, Tuhfatul U’rus (Darul Ma’rifah, 1977)
Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Al Ma’arif) hlm. 9
Muhaimin, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: CV. Citra Media, 1996)
Nur Hasan, Masnur, Bassenang Saliwangi., Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, (Malang: 1987)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 1990)
Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: 2003)
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Sugiyono, Statistik untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2014)
Sujanto, Agus, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996)
Sukardi, Dewa Ketut, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, (Surabaya: Usaha Nasional, 1984)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidik, (Bandung: PT. Rosdakarya, 2005)
Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan, (Jakarta: Aksara Baru, 1992)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.