Korelasi antara Full Day School dengan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMP Darul Ulum Agung Malang

  • Muhtadi Muhtadi Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Full Day School, Prestasi Belajar Siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara full day school dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Darul Ulum Agung Malang.

Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi product moment.

Berdasarkan hasil perhitungan x2 menunjukkan nilai 0,533 kemudian bila dikonsultasikan dengan harga kritik yang ada pada rt baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Maka hasil penelitian ini menunjukkan nilai x2, yaitu 0,533 lebih besar dari pada rt pada taraf signifikansi 1%: 0,418 maupun nilai rt pada taraf signifikansi 5%: 0,325. Dengan demikian ada korelasi yang sedang atau cukup antara full day school dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Darul ‘Ulum Agung Malang.

Kata Kunci: Full Day School, Prestasi Belajar Siswa.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Ali, Mohammad, Strategi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Angkasa, 1993)
Anggota IKAPI, Sisdiknas 2003, (Bandung: Fokus Media, 2003)
Departemen Agama RI., Al-Qur'an dan Tafsirnya, (Semarang: PT. Citra Effhar)
Djamarah, Saiful, Belajar dan Pembelajaran, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994
Fajar, A. Malik, Scholl Basid Managemen, (Jakarta: Logos, 2002)
Hadi, Sutrisno, Metode Reseach III, (Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi : 1986)
Halim, Andreas, Full Day School dan Beban Jiwa Anak, (Surabaya: Fajar Mulia, 1999)
Hasil Interview dengan Bapak Abdul Muid, selaku Waka Kurikulum SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal 21 Juni 2019
Hasil Interview dengan Siswa SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal 10 Juni 2019
Hasil Interview dengan Bapak Ahmad Kipli selaku Kep-Sek SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal tanggal 22 Juni 2019
https://www.educenter.id/plus-minus-anak-mengikuti-full-day-school-di-sekolah/
Masruri, Full Day School Sebuah Alternatif, (Surabaya: Alfa Grafika, 2000)
Purwanto, Ngalim, Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Rosda Karya, 2003)
Rohman, Minanur, Buku Skripsi, (Kediri: Team Penyusun Buku Skripsi, 1993)
Salahuddin, Mahfud, Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990)
Sudjana, Nana, Dasar-dasar dan Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Algesindo, 1989
Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)
Surachmad, Winarno, Pengantar Metodologi Ilmiah, (Bandung: Tarsito, 1993)
Yalius, Yunus, Pendidikan Persepsi dan Harapan, (Jakarta: Ikhlas Beramal, 2000)
Diterbitkan
2019-12-28