Korelasi antara Full Day School dengan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMP Darul Ulum Agung Malang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara full day school dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Darul Ulum Agung Malang.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan x2 menunjukkan nilai 0,533 kemudian bila dikonsultasikan dengan harga kritik yang ada pada rt baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Maka hasil penelitian ini menunjukkan nilai x2, yaitu 0,533 lebih besar dari pada rt pada taraf signifikansi 1%: 0,418 maupun nilai rt pada taraf signifikansi 5%: 0,325. Dengan demikian ada korelasi yang sedang atau cukup antara full day school dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Darul ‘Ulum Agung Malang.
Kata Kunci: Full Day School, Prestasi Belajar Siswa.
Referensi
Anggota IKAPI, Sisdiknas 2003, (Bandung: Fokus Media, 2003)
Departemen Agama RI., Al-Qur'an dan Tafsirnya, (Semarang: PT. Citra Effhar)
Djamarah, Saiful, Belajar dan Pembelajaran, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994
Fajar, A. Malik, Scholl Basid Managemen, (Jakarta: Logos, 2002)
Hadi, Sutrisno, Metode Reseach III, (Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi : 1986)
Halim, Andreas, Full Day School dan Beban Jiwa Anak, (Surabaya: Fajar Mulia, 1999)
Hasil Interview dengan Bapak Abdul Muid, selaku Waka Kurikulum SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal 21 Juni 2019
Hasil Interview dengan Siswa SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal 10 Juni 2019
Hasil Interview dengan Bapak Ahmad Kipli selaku Kep-Sek SMP Darul Ulum Agung, pada tanggal tanggal 22 Juni 2019
https://www.educenter.id/plus-minus-anak-mengikuti-full-day-school-di-sekolah/
Masruri, Full Day School Sebuah Alternatif, (Surabaya: Alfa Grafika, 2000)
Purwanto, Ngalim, Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Rosda Karya, 2003)
Rohman, Minanur, Buku Skripsi, (Kediri: Team Penyusun Buku Skripsi, 1993)
Salahuddin, Mahfud, Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990)
Sudjana, Nana, Dasar-dasar dan Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Algesindo, 1989
Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)
Surachmad, Winarno, Pengantar Metodologi Ilmiah, (Bandung: Tarsito, 1993)
Yalius, Yunus, Pendidikan Persepsi dan Harapan, (Jakarta: Ikhlas Beramal, 2000)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.