Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa

(Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang)

  • Abdul Rouf Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dikelola melalui program SPSS versi 25.

Dari hasil penelitian berdasarkan pada analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa kompetensi guru dan metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil uji F dengan nilai Fhitung sebesar 8,307 dan nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu 0,001a. Yang berarti, hipotesis kerja (Ha) DITERIMA dan hipotesis nol (Ho) DITOLAK.

Kata kunci    : Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Ahmadi, Abu, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung; Pustaka Setia, 1997)
Al-Asqolan, Syeh Ibnu Hajar, Terjemah Bulughul Maram, (Jakarta; Pustaka Amani, 2000)
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung; Rosda, 2009)
Departement Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, (Jakarta: Sygma Press, 2009)
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta; Rineka Cipta, 2013)
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 2012)
Ferdinan. Metode Penelitian Manajemen, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006)
Gozali. Imam Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013)
Kurniawati, Fajar, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2015/2016” dalam Jurnal Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Volume 1 Nomor 3 Agustus 2016
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2005)
Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro, “Kompetensi Guru dan Implementasinya dalam Pembelajaran” dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Fakultas Agama Islam UNDAR Jombang,Volume 4 Nomor 1 Juni 2019
Rifa’i Ahmad dan Catharina Tri Amri, Psikologi Pendidikan. Edisi IV, (Semarang: UNNES Press, 2012)
Rosyid, Zaiful, dkk., Prestasi Belajar, (Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2011)
Siregar, Marasudin, Metodologi Pengajaran Agama (MPA), (Semarang; Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2003)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta; Rineka Cipta, 2010)
Soehartono. Irawan, Metode Penelitian Sosial, (Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2002)
Sudjiono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2001)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012)
______, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif, Kombinasi Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
______, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D I, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Suryastutik, Rr. Hermin, “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK Tamtama Prembun Kebumen” dalam Oikonomia: Jurnal Studi Pendidikan dan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Volume 2 Nomor 2 Juni 2013
UU RI NO. 20 Tahun 2003
Wibowo. Manajemen Kinerja Edisi 3, (Banjarmasin: Rajawali Press, 2007)
Diterbitkan
2019-12-28