Peran Jam’iyah Shalawat Seribu Rebana dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Remaja Desa Mayangan Jogoroto Jombang
Abstrak
Jam’iyah shalawat seribu rebana tidak hanya mengandung konsep dakwah melainkan juga berupaya berperan membina kecerdasan spiritual remaja untuk menumbuh kembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki remaja melalui perilaku-perilaku positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran jam’iyah shalawat Seribu Rebana dalam pembinaan kecerdasan spiritual remaja desa Mayangan Jogoroto Jombang.
Jenis penelitian ini kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi beserta sumber yang terkait dengan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jam’iyah Shalawat Seribu Rebana merupakan media dakwah yang bersifat kolektif, dengan materi berupa Al-Qur’an, Kitab Maulid Diba’ dan media dakwah berupa alat musik banjari. Jam’iyah Shalawat Seribu Rebana sangat berperan penting dalam membina kecerdasan spiritual remaja Mayangan Jogoroto Jombang, sehingga mampu menciptakan remaja yang berakhlakul karimah.
Kata Kunci: Jam’iyah Shalawat Seribu Rebana; Kecerdasan Spiritual; Remaja.
Referensi
Amarullah, Abdul Malik Abdul Karim. Tafsir Al-Azhar juz 7. (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983)
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)
Asiah, Siti, dkk. Metode Penelitian. (Surabaya : Feuwks, 2012)
Assegaf, Habib Abdullah dan Indriya R Dani. Mukjizat Shalawat. (Jakarta Selatan: Qultum Media Anggota IKAPI, 2009)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung : CV Penerbit Diponegoro, 2008)
Fuad, Isnaeni, Keajaiban Shalawat (Jombang : Lintas Media Jombang)
Hasyim, Wahid. Terjemah Hadis Shahih Buchari. (Jakarta: Widjaya, 1951)
Hendrawan, Sanerya. Spiritual Management, (Bandung: Mizan Pustaka, 2009)
Jaya, Yahya. Spiritualisasi Islam Dalam Menumbuh Kembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental. (Jakarta: Ruhama.Thn 1994).
Koiriyah, Siti. Upaya Madrasah dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs N Banyusoco Playen Gunungkidul Yogyakarta. (Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2008)
Mappiare, Andi. Psikologi Remaja. (Surabaya: Usaha Nasional, 1982)
Mashudi Latif, Imam. “Aspek-Aspek Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Nabi Ibrahim as†dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, osial dan Budaya, Vol.1, No.2 Juli-Desember 2016)
Satiadarma, Monty P. & Fidelis E. Waruwu. Mendidik Kecerdasan. (Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2010)
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Sukidi, Kecerdasan Spiritual. (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Suyadi. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi, 2010)
Syairozi, Mahfudz. Konsep Pendidikan Generasi Tiga Dimensi. (Jombang: Jejak Pena, 2002)
Tasmara Toto. Kecerdasan Rohaniah Transcedental Intelegensi. (Jakarta: Gema Insani Press, 2003)
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. (Bandung: Citra Umbara, 2010)
Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. (Yogyakarta : Andi, 2003)
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2001)
Zohar, Danah dan Ian Marshal. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan, (Bandung: Mizan, 2001)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.