Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini
Abstrak
Pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Qira’ati sangantlah mudah dan praktis untuk diterapkan kepada anak-anak usia dini. Pada masa usia dini adalah masa golden age atau masa keemasan dimana anak akan cepat tanggap dan cepat bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi Anak Usia Dini yang dikaji melalui beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Kesimpulannya, metode Qira’ati ini sangat cocok dan efektiv sekali untuk meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi anak usia dini karena
prosesnya sangatlah mudah, di sisi lain anak-anak pada masa usia dini sedang ada pada tahap perkembangan golden age atau masa keemasan dimana anak-anak akan cepat tanggap dengan yang diajarkan gurunya. Anak-anak dengan mudah dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar
Kata Kunci: Metode Qira’ati, Pembelajaran, Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Referensi
Al-Bukhari Al-Ja’fiyy, Imam ibn ‘Abdullah Muhammad ibn Ismail Ibn Al-Mugayyirah Ibn, Shahih Bukhari Juz 6 (Beirut: Dar Al-Fikr, 1481 H/1981M)
Al-Jumanatul’Ali, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Kediri: STAIN Kediri, 2008)
Harun, Pengertian Anak Usia Dini, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2009)
http://arekkemalangan.blogspot.co.id/2013/03/belajar-membaca-alquran-methodologi.html=1 diakses 21 Agustus 2019
http://walpapercartoonmuslimah.blogspot.co.id/2013/11/ metode-al-baghdadi.html?=1 diakses 23 Agustus 2019.
https://miftahuljannah122.wordpress.com/2012/12/ 15/ metode - iqro/ diakses diakses 23 Agustus 2019
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Putaka Pelajar, 2005)
Marsudi, Saring, Permasalahan dan Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. (Surakarta: UMS. Tidak diterbitkan, 2006)
Murjito, Imam, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur'an "Qira'atiâ€, (Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur’an t.t)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Kalam Mulia,2006)
Shihab, Quraish, Wawasan al-Quran Tafsir Maudhu'i Oleh Berbagai Persoalan Umat (Bandung: Mizan, 2007)
Suyanto, Program Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Depdiknas. 2005)
Tarigan, Guntur, Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa, (Bandung: Angkasa, 1979)
Warson, Ahmad, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997)
Wina, Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)
www.kumpulanhadist.org Hadist Riwayat Abu Umamah Al Bahili, Muslim Fiqih diakses 25 Agustus 2019.
Yusuf L.N., Syamsu, dan Nani M. Sugandhi, Perkembangan Peserta Didik, cet. IV (Jakarta: Rajawali Press, 2013)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.