Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

  • Mishbahush Shudur Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Belajar Kelompok, Prestasi Belajar

Abstrak

Didalam belajar kita harus memilih metode yang tepat, karena dengan menggunakan metode yang tepat seseorang akan dapat menggunakan semua waktu yang tersedia secara baik, efektif dan efisien, sehingga setiap usaha yang mengarah kepada tercapainya tujuan yang dikehendaki dapat terlaksana dengan baik.

Adapun metode belajar yang dimaksud dan akan dikaji dalam tulisan ini adalah belajar dengan cara kelompok

Sehingga tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dikaji melalui beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Oleh karena itu belajar kelompok mempunyai manfaat yang besar dalammeningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga apabila hal ini sudah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan secara benar, maka siswa akan lebih mudah untuk mencapai prestasi yang baik dan memuaskan.

Kata Kunci: Belajar Kelompok, Prestasi Belajar

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Burhanudin HM, Cara Belajar yang Efektif, (Surabaya: Bina Ilmu Offset, 1985)
Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahnya, (Jakarta: PT Sera Jaya, 1986/1987)
Djamaroh, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru, 1993)
Hudoyo, Herman, Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pengembangannyadi Depan Kelas, (Surabaya: Usaha Nasional, 1979)
Nasution, Noehi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan UT, 1991)
Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, (Bandung: Jemmars, 1986)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1992)
Purwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1985)
Roestujah, Strategi Belajar dan Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993)
UUD 1945/TAP MPR, (Bandung: Pustaka Setia, 1993)
UUD 1945/TAP MPR, (Bandung: Pustaka Setia, 1993)
Yusuf, Tayar, Ilmu Praktek Mengajar, Metodik Khusus Pengajaran Agama, (Bandung: PT Al-Ma`arif, 1993)
Diterbitkan
2019-12-28