Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Abstrak
Didalam belajar kita harus memilih metode yang tepat, karena dengan menggunakan metode yang tepat seseorang akan dapat menggunakan semua waktu yang tersedia secara baik, efektif dan efisien, sehingga setiap usaha yang mengarah kepada tercapainya tujuan yang dikehendaki dapat terlaksana dengan baik.
Adapun metode belajar yang dimaksud dan akan dikaji dalam tulisan ini adalah belajar dengan cara kelompok
Sehingga tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dikaji melalui beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Oleh karena itu belajar kelompok mempunyai manfaat yang besar dalammeningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga apabila hal ini sudah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan secara benar, maka siswa akan lebih mudah untuk mencapai prestasi yang baik dan memuaskan.
Kata Kunci: Belajar Kelompok, Prestasi Belajar
Referensi
Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahnya, (Jakarta: PT Sera Jaya, 1986/1987)
Djamaroh, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru, 1993)
Hudoyo, Herman, Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pengembangannyadi Depan Kelas, (Surabaya: Usaha Nasional, 1979)
Nasution, Noehi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan UT, 1991)
Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, (Bandung: Jemmars, 1986)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1992)
Purwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1985)
Roestujah, Strategi Belajar dan Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993)
UUD 1945/TAP MPR, (Bandung: Pustaka Setia, 1993)
UUD 1945/TAP MPR, (Bandung: Pustaka Setia, 1993)
Yusuf, Tayar, Ilmu Praktek Mengajar, Metodik Khusus Pengajaran Agama, (Bandung: PT Al-Ma`arif, 1993)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.