Mengembangkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam ‎Pendidikan Islam
Abstrak
Abstrak
Penanaman nilai-nilai multikulturalisme yang paling efektif adalah melalui dunia pendidikan, dalam hal ini salah satunya dengan penerapan pendidikan dan menanamkan nilai-nilai multikultural untuk memberikan respon terhadap keberagaman budaya dengan menawarkan demokrasi, kesetaraan, kemerdekaan, dan keberagaman dalam sebuah pendekatan. Pendidikan multikultural membawa setiap lapisan masyarakat merasa dikenali, dihargai, diperlakukan secara demokratis dan pantas kendati berbagai perbedaan budaya. Indikasi idealnya adalah adanya kemauan untuk menerima dan menghargai kelompok-kelompok lain dari etnik, gender, dan afiliasi agama dan budaya. Pendidikan multikultural muncul sebagai pengikat, kepenghubungan, pengaman, dan penjamin terhadap keberlangsungan kemajemukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk terciptanya keharmonisan antar sesama manusia dengan perbedaan yang sudah pasti terjadi di antara mereka. Sejatinya, core values pendidikan multikultural memiliki kesamaan dengan nilai-nilai inti yang terdapat dalam ajaran Islam terkait dengan hubungan antar sesama manusia. Dengan demikian, ajaran-ajaran Islam yang diaplikasikan pada pendidikan Islam secara garis besar telah memuat nilai-nilai multikultural.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Multikulturalisme, Pendidikan Islam
Referensi
Aly Abdullah, “Studi Deskriptif Niai-nilai Multikultural dalam ‎Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaamâ€, Jurnal ‎Ilmiah Pesantren, Vol. 01, No.01, (Juli 2015)‎
Anwar, Rosihon, Akidah Akhlak, (Bandung: Puataka Setia, 2008)‎
Baharun, Hasan & Robiatul Awwaliyah, “Pendidikan Multikulturalisme ‎Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesiaâ€, Jurnal ‎Pendidikan Agama Islam, Vol. 05, No. 02 (November 2017)‎
Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural ‎‎(Jakarta : Erlangga, 2005)‎
Banks, James A., Race, Culture and Education, (New York: ‎Roudledge, 2006)‎
‎_______, Multicultural Education: Issues and Perspectives, (Boston-‎London: Allyn and Bacon Press, 1989)‎
Chabib, M. Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: ‎Pustaka Pelajar, 1996)‎
Dawam, Ainurrofiq, Emoh Sekolah; Menolak Komersialisasi Pendidikan ‎dan Kanibalisme Intelektual, Menuju Pendidikan Multikultural, ‎‎(Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press, 2003)‎
Faisal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Gema Insani ‎Press, 1995)‎
Feriyanto, “Nilai-Nilai Perdamaian Pada Masyarakat Multikulturalâ€, ‎Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol. 01, No. 01 (2018)‎
Haditono, S.R. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai ‎Bagiannya (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002)‎
HAR. Tilaar, Kekuasaan dan Pendidikan, Indonesia (Magelang: Tera, ‎‎2003)‎
‎______, Paradigma Baru Pendidikan Nasional (Jakarta: PT. Rineka ‎Cipta, 2004)‎
Harto, Kasinyo, Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam ‎Berbasis Multikultural, (Jakarta: Raja grafindo Persada, 2012)‎
Hasan, Chalijah, Dimensi-Dimensi Pendidikan, (Surabaya: Al-Ikhlas, ‎‎1994)‎
Hashim, Umar, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam ‎Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama ‎‎(Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1997)‎
Hidayati, Nurul, “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan ‎Multikulturalisme Perspektif HAR Tilaarâ€, Jurnal Pendidikan ‎Agama Islam, Vol. 04, No. 01 (Juni 2016)‎
Hornby, AS, Oxford Advanced Learn's Dictionary (Oxford: Oxford ‎University Press)‎
Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: LPPI UMY, 2006)‎
‎______, Kuliah Aqidah Islam, (Yogyakarta: LPPI UMY, 2001)‎
Isna, Mansur, Diskursus Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Global Pustaka ‎Utama, 2001)‎
Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka al-‎Husna, 1998)‎
Lasijan, “Multikulturalisme dalam Pendidikan Islamâ€, Jurnal TAPIs, Vol. ‎‎10, No. 02 (Desember 2014)‎
Lundeto, Adry, “Menakar Akar-Akar Multikulturalisme Pendidikan di ‎Indonesiaâ€, Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, Vol. 11, No.02, (2017)‎
Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, ‎‎2006)‎
Maksum, Ali & Luluk Yunan, Paradigma Pendidikan Universal di Era ‎Modern dan Post Modern (Mencari “Visi Baru†atas “Realitas ‎Baruâ€Pendidikan Kita), (Yogyakarta, IRCiSoD, 2004)‎
Munawwar, Said Agil Husain al, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam ‎Sistem Pendidikan Islam (Jakarta Selatan: Ciputat Press, 2003)‎
Muttaqin, Ahmad Izza, “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam al-‎Qur’an (Kajian Tafsir al-Misbah QS al-Hujurat ayat 13)â€, al-‎Wijdan: Journal Of Islamic Education Studies, Vol. 02, No. 02 ‎‎(November 2017) ‎
Neofeldi, Victorian & David B. Guralnik (eds), Webster's New World ‎College Dictionary, Third Edition (New York: Macmellian)‎
Parekh, Bikhu, Rethingking Multiculturalism; Cultural Diversity and ‎Political Theory (Massachusetts: Harvard University Press, 2002)‎
Rahim, Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam (Yogyakarta: UUI ‎Press, 2001)‎
Sain Muh. Hanafy, “Pendidikan Multikultural dan Dinamika Ruang ‎Kebangsaanâ€, Jurnal Diskursus Islam, Vol. 03, No. 01 (2015)‎
Shihab, Umar, Kontekstualitas al-Quran: Kajian Tematik Ayat-Ayat ‎Hukum dalam al-Quran (Jakarta: Pena Madani, 2003)‎
Sulalah, Pendidikan Multikultural: Didaktika Nilai-Nilai Universalitas ‎Kebangsaan (Malang: UIN Maliki Press, 2013)‎
Tatapangarsa, Humaidi, Akhlak Yang Mulia (Surabaya: PT. Bina Ilmu, ‎‎1980)‎
Tobroni, Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM, Civil Society, ‎dan Multikulturalisme (Malang: Pusapom, 2007)‎
Tono, Sidik, Ibadah dan Akhlak dalam Islam, (Yogyakarta: UII Press ‎Indonesia, 1998)‎
Yaqin, Ainul, Pendidikan Multikultural Cross-cultural Understanding ‎untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005)‎
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.