Film 99 Caya Langit Di Eropa ‎(Kajian Materi dan Metode ‎Pendidikan Islam)‎
Abstrak
Abstrak
Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah materi dan metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis tentang materi dan metode pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan ilmu pendidikan Islam, yang pada materi dan metode pendidikan Islam dengan kajian teori deduktif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi, sedangkan untuk menganalisinyas menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa materi pendidikan Islam dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa mencakup materi aqidah yang meliputi: materi iman kepada Allah SWT dan iman kepada kitab-kitab Allah SWT, serta materi halal dan haram, thaharah, toleransi dan ibadah. Sedangkan metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa meliputi: metode diskusi, metode karyawisata, metode nasehat dan metode cerita.
Kata Kunci : Pendidikan Islam. Film 99 Cahaya Di Langit Eropa.
Referensi
Al-Gazali, Imam, Mukhtashar Ihyâ’ Ulum al-Dîn, Jakarta: Pustaka ‎Amani, 2007‎
Bungin, Burhan, Content Analysis dan Focus Group Group Discusion ‎dalam Penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003‎
Djamaris, Zainal Arifin, Islam Aqidah dan Syariah, jilid I, Jakarta: PT ‎Raja Grafindo,1996‎
http://wikipedia.org / wiki /99_cahaya_di_langit_eropa_(film)# cite_ ‎note_SBY-1. dalam google.com, diakses 10 Januari 2020‎
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Akidah-Islam dalam. googel.com diakses ‎‎10 Januari 2020‎
https://id.wikipedia.org/wiki/99_cahaya_di_langit eropa_(film)#cite_note
Hubberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia, 1992‎
Ismail, Usmar, Mengupas Film, Jakarta: Sinar Harapan,1983‎
Mahjuddin, Akhlaq Tasawuf I. Jakarta: Kalam Mulia, 2009‎
Majid, Abdul, dan Ahmad Zayadi, Tadzkirah : Pembelajaran Pendidikan ‎Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Raja ‎Grafindo Persada, 2005‎
Mardalis, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi ‎Aksara, 1995‎
Mujib, Abdul, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008‎
Nurdin, Muslim, dkk, Moral dan Kondisi Islam, Bandung: CV. Alfabeta. ‎‎1993‎
Qadri, Ustman, Muhammad Sang Guru Agung: Beragam Metode ‎Pendidikan Nabi, Yogyakarta: Diva Pers, 2003‎
Qutb, M., System Pendidikan Islam, Bandung: PT. al-Ma’arif, 1984‎
Sabiq, Sayyid, Aqidah Islamiyah, Jakarta: Robbani Pers, 2006‎
Surahmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Trasito, ‎‎1982‎
Umiarso dan Haris Fathoni Makmur. Pendidikan Islam dan Krisis ‎Moralisme Masyarakat Modern, Jogjakarta: Divapress, 2010‎
Usa, Muslih, dan Aden Wijdan, Pendidikan Islam dalam Peradaban ‎Industrial, Yogyakarta: Aditya Media, 1997‎
Yamin, Martinis, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan ‎Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008‎
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.