Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam ‎Pembelajaran ‎Sains dan Teknologi
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi.
Jenis penelitian ini merupakan kajian pustaka (libarary research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter yang bersumber pada al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan beberapa kitab tafsir seperti al-Maragi, Ibnu Katsir, al-Misbah, dan al-Mizan. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode Tahlily dan metode Contents analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Konsepsi belajar dalam Al-Qur’an surat al-'Alaq ayat 1-5 dapat diartikan sebagai pencerahan intgelektual, yang dapat dilihat dari pengulangan kata iqra' sebanyak dua kali, sehingga menjadikan kebiasaan untuk belajar terus menerus. Sedangkan Implementasinya dalam pembelajaran Sains dan Teknologi tersirat dalam kata Iqra’ (membaca), karena membaca di sini tidak berarti hanya membaca sebuah teks saja, tetapi membaca alam, situasi dan kondisi di sekitar kita.
Kata Kunci : Implementasi; Belajar; Sains dan Teknologi; al-Qur’an
Referensi
Abduh, Muhammad, Tafsir al-Qur'an al-Karim (Juz 'Amma), (Bandung; ‎Mizan, 1999).‎
Abi Zakariya Yahya, Muhyiddin Bin Syarif An-Nawawi, Riyadhus ‎Shalihin, (Surabaya; Al-Hidayah, T.th).‎
Al-Hafiz, Abu Fida Ibn Katsir Al-Dimasqi, Tafsir al-Qur'an al-'Adzim, ‎Jilid 4, (Beirut; Dar al-Fikr, T.th).‎
Ali Khan, Shafique, Filsafat Pendidikan al-Ghazali, terj. Syafe'i, ‎‎(Bandung; Pustaka Sesia, 2005).‎
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghi, (Beirut; T.p, 1974)‎
‎-------, Tafsir al-Maraghi, terj. Bahrun Abu Bakar, Terjemahan Tafsir al-‎Maraghi, Juz 30, (Semarang; Toha Putra, 1985).‎
Al-Qardhawi, Yusuf, Metode dan Etika Pengembangan Ilmu Perspektif ‎Sunnah, (Bandung; Rosda, 1989).‎
Al-Shabuni, Muhammad 'Ali, Safwah al-Tafasir, Juz 3, (Beirut; Dar al-‎Fikr, T.th).‎
Al-Shiddieqy, Tengku Hasby, Ilmu-Ilmu al-Qur'an, (Semarang; Pustaka ‎Rizki Putra, 2002).‎
Al-Thabataba'i, Muhammad Husain, Al-Mizan Fi Tafsir al-Qur'an, Juz ‎‎10, ( Beirut; Lebanon, T.th).‎
Al-Toumy, Omar Mohammad al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, ‎alih bahasa: Hasan Langgulung, (Jakarta; Bulan Bintang, T.th).‎
Al-Yusa'i, Louis Ma'luf, Al-Munjid fi al-Lughoh wa al-'Alam, (Beirut; Dar ‎al-Machreq, 1986).‎
Al-Zuhaili, Wahbah, Tafsir al-Munir fi Akidah wa al-Syari'ah wa al-‎Manhaj, (Lebanon; Dar al-Fikr al-Mu'ashir, T.th).‎
Ansorudin Sidiq, Muhammad, Pengembangan Wawasan Iptek Pondok ‎Pesantren, (Jakarta; Bumi Aksara, 1995).‎
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori dan ‎Praktek, (Jakarta; Rineka Cipta, 2001).‎
Bakar, Osman, Tauhid dan Sains Esai-Esai Tentang Sejarah dan Filsafat ‎Sains Islam, (Surabaya; Pustaka Hidayah, T.th).‎
Chadwick, Bruce A. et.all., Metode Ilmu Pengetahuan Sosial, terj. ‎Sulistya, (Semarang; IKIP Semarang Press, 1991).‎
Dalil, Fakih, Terjemah Juz 'Amma, (Surabaya; Al-Miftah, 1995).‎
Djalal, Abdul, Ulumul Qur'an, (Surabaya; Dunia Ilmu, 2000).‎
Hadjar, Nasril, Pengenalan Astronotika dan Teknologi Antariksa, (Jakarta; ‎Orsat Pemuda, T.th).‎
Hamam Mundzir, dkk., Al-Qur'an dan Terjemahnya, (Semarang; Asy-‎Syifa', 1992).‎
Hamka, Tafsir al-Azhar, Jilid 10, (Singapura; Pustaka Nasional, 1999).‎
Ibn Al-'Arabi, Muhyiddin, Tafsir al-Qur'an al-Karim, Juz 3, (T.kp; Dar ‎al-Yaqiniyah al-Arabiyah, T.th).‎
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta; Rineka Cipta, ‎‎2003).‎
Mundzir, Hamam, Al-Qur'an dan Terjemahnya, (Semarang; Asy-Syifa', ‎‎1992).‎
Poedjiadi, Anna, Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran ‎Konstektual Bermuatan Nilai, (Bandung; Remaja Rosda Karya, ‎‎2005).‎
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung; Remaja Rosdakarya, ‎‎2000).‎
Ramli, Abdul Wahid, Ulumul Qur'an, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, ‎‎2002).‎
Rohadi, Abdul Fatah, dkk., Ilmu dan Teknologi dalam Islam, (Jakarta; ‎Rineka Cipta, 1992).‎
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung; Alfabeta, ‎‎2003).‎
Sastrahidayat, Ika Rochdjatun, Ilmu Pengetahuan Modern dan Agama ‎Islam, (Surabaya; Avicenna, T.th).‎
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peranan ‎Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung; Mizan, 1998).‎
‎-------, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, Vol. ‎‎15, (Jakarta; Lentera Hati, 2004).‎
Syah, Jalinus, dkk., Kamus Besar Pelajar Kata Serapan Bahasa ‎Indonesia, (Jakarta; Rineka Cipta, 1993).‎
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, ‎‎(Bandung; Remaja Rosdakarya, 2000).‎
Toha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta; Pustaka ‎Pelajar, 1996).‎
Wardana, Wisnu Arya, Al-Qur'an dan Energi Nuklir, (Yogyakarta; ‎Pustaka Pelajar, 2004).‎
Yatim, Wildan, Biologi Modern Pengantar Biologi, (Bandung; Tarsito, ‎T.th).‎
Zar, Sirajuddin, Konsep Penciptaan Alam dalam Pemikiran Islam, Sains ‎dan al-Qur'an, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 1997).‎
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.