Hubungan Religiusitas dan Pola Asuh Demokratis dengan ‎‎Empati Siwa Kelas VIII MTs Negeri 14 Jombang

  • Adibah Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Elsa Widjajanti Nurwijani Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Religiusitas; Pola Asuh Demokratis; Empati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan pola asuh demokratis dengan empati siwa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Jombang tahun pelajaran 2019-2020.

Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala religiusitas, skala pola asuh dan skala empati yang mengacu pada pembuatan skala menurut Likert. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa salah satu asumsi linieritas hubungan tidak dipenuhi, maka teknik analisa data yang semula menggunakan analisis regresi ganda dan parsial selanjutnya diganti dengan analisis non parametric korelasi jenjang spearman’s rho.

Hasil korelasi jenjang spearman’s rho antara religusitas dengan empati diperoleh rho = 0,327 dan sig 0,039 ( P< 0,05 ) berarti ada hubungan positif signifikan antara religiusitas dengan empati siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang. Hasil korelasi jenjang spearman’s rho antara pola asuh demokratis dengan empati diperoleh rho = 0,367 dan sig 0,020 ( P< 0,05 ) berarti ada hubungan positif signifikan antara pola asuh demokratis dengan empati siswakelas VIII MTsN 14 Jombang.

Kata Kunci: Religiusitas; Pola Asuh Demokratis; Empati

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ali Muhtadi, ”Pengembangan Empati Anak sebagai Dasar Pendidikan ‎Moral”, http://staff.uny.ac.id/. diakses pada 12 September 2019‎
Ancok, D. & Suroso, F.N., Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem ‎problem Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)‎
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta, ‎‎2006)‎
Aviah, Evi, “Religiusitas,Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja” dalam ‎Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, Mei 2014, vol 3, no 02, 127‎
Daisy Listiani, “Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua ‎dengan Empati pada Remaja”. dalam ejurnal Untag-smd.ac.id, ‎Samarinda, 2013‎
Goleman, Daniel, Kecerdasan Emosional, (Jakarta: Gramedia Pustaka ‎Utama, 1997)‎
Hasan, Moh. Syamsi, Hadis-Hadis Populer Shahih Bukhari & Muslim, ‎‎(Surabaya: Amelia, 2008)‎
Martono, Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis ‎Data Sekunder, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011)‎
Murhima A. Kau, “Empati dan Peirlaku Sosial pada Anak”, dalam Jurnal ‎Inovasi vol.7 No. 3 September 2010‎
Pengertian Empati, Perilaku Empati, Ayat dan Hadits Tentang Empati, ‎https://www.bacaanmadani.com, diakses tanggal 8 September 2019‎
Riadi, Muchlisin, Fungsi, Dimensi dan Faktor yang Mempengaruhi ‎Religiusitas, diakses dari https://www.kajianpustaka.com pada ‎tanggal 10 September 2019‎
Safaria, T., Interpersonal Intelegence : Metode Pengembangan ‎Kecerdasan InterpersonalAnak, (Yogyakarta: Amara Books, 2005)‎
Setiawati, Rizky, “Dinamika Religiusitas Muslim di Sekolah Non Muslim ‎‎(Studi Kasus 3 Siswa Muslim di SMA Santo Thomas Yogjakarta)”, ‎Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, pdf. 2014‎
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, ‎Kualitatif, R&D, Cet. XVI, (Bandung: Alfabeta, 2013)‎
Taufik, Empati Pendekatan Psikologi Sosial, (Jakarta: Rajawali Pers, ‎‎2017)‎
Tridhonanto, Al., Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. (Jakarta: Elex ‎Media Komputindo, 2014)‎
Winarsunu, Tulus, Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, ‎‎(Malang: UMM Press, 2006)‎
Diterbitkan
2020-06-30