Hubungan Religiusitas dan Pola Asuh Demokratis dengan ‎‎Empati Siwa Kelas VIII MTs Negeri 14 Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan pola asuh demokratis dengan empati siwa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Jombang tahun pelajaran 2019-2020.
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala religiusitas, skala pola asuh dan skala empati yang mengacu pada pembuatan skala menurut Likert. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa salah satu asumsi linieritas hubungan tidak dipenuhi, maka teknik analisa data yang semula menggunakan analisis regresi ganda dan parsial selanjutnya diganti dengan analisis non parametric korelasi jenjang spearman’s rho.
Hasil korelasi jenjang spearman’s rho antara religusitas dengan empati diperoleh rho = 0,327 dan sig 0,039 ( P< 0,05 ) berarti ada hubungan positif signifikan antara religiusitas dengan empati siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang. Hasil korelasi jenjang spearman’s rho antara pola asuh demokratis dengan empati diperoleh rho = 0,367 dan sig 0,020 ( P< 0,05 ) berarti ada hubungan positif signifikan antara pola asuh demokratis dengan empati siswakelas VIII MTsN 14 Jombang.
Kata Kunci: Religiusitas; Pola Asuh Demokratis; Empati
Referensi
Ali Muhtadi, â€Pengembangan Empati Anak sebagai Dasar Pendidikan ‎Moralâ€, http://staff.uny.ac.id/. diakses pada 12 September 2019‎
Ancok, D. & Suroso, F.N., Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem ‎problem Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)‎
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta, ‎‎2006)‎
Aviah, Evi, “Religiusitas,Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja†dalam ‎Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, Mei 2014, vol 3, no 02, 127‎
Daisy Listiani, “Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua ‎dengan Empati pada Remajaâ€. dalam ejurnal Untag-smd.ac.id, ‎Samarinda, 2013‎
Goleman, Daniel, Kecerdasan Emosional, (Jakarta: Gramedia Pustaka ‎Utama, 1997)‎
Hasan, Moh. Syamsi, Hadis-Hadis Populer Shahih Bukhari & Muslim, ‎‎(Surabaya: Amelia, 2008)‎
Martono, Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis ‎Data Sekunder, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011)‎
Murhima A. Kau, “Empati dan Peirlaku Sosial pada Anakâ€, dalam Jurnal ‎Inovasi vol.7 No. 3 September 2010‎
Pengertian Empati, Perilaku Empati, Ayat dan Hadits Tentang Empati, ‎https://www.bacaanmadani.com, diakses tanggal 8 September 2019‎
Riadi, Muchlisin, Fungsi, Dimensi dan Faktor yang Mempengaruhi ‎Religiusitas, diakses dari https://www.kajianpustaka.com pada ‎tanggal 10 September 2019‎
Safaria, T., Interpersonal Intelegence : Metode Pengembangan ‎Kecerdasan InterpersonalAnak, (Yogyakarta: Amara Books, 2005)‎
Setiawati, Rizky, “Dinamika Religiusitas Muslim di Sekolah Non Muslim ‎‎(Studi Kasus 3 Siswa Muslim di SMA Santo Thomas Yogjakarta)â€, ‎Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, pdf. 2014‎
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, ‎Kualitatif, R&D, Cet. XVI, (Bandung: Alfabeta, 2013)‎
Taufik, Empati Pendekatan Psikologi Sosial, (Jakarta: Rajawali Pers, ‎‎2017)‎
Tridhonanto, Al., Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. (Jakarta: Elex ‎Media Komputindo, 2014)‎
Winarsunu, Tulus, Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, ‎‎(Malang: UMM Press, 2006)‎
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.