Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an

  • Eko Hadi Wardoyo Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Metode Menghafal; Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode menghafal dan problematikanya dalam pembelajaran Al-Qur’an.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode dokumentasi. Langkah teknik analisis data dalam penelitian adalah menggunakan analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian dalam tahap (1) strategi mnghafal adalah tahapan mengajar, pendekatan mengajar dan penggunaan prinsip mengajar. Dalam tahap (2) teknik penerapan metode menghafal dengan memahami ayat-ayat yang akan dihafal, mengulang-ulang sebelum menghafal, mendengar sebelum menghafal, menulis sebelum menghafal. Dalam tahap (3) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, pembelajaran bentuk klasik, secara privat, post test dan evaluasi.

Kata kunci: Metode Menghafal; Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Diterbitkan
2020-12-30