Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode menghafal dan problematikanya dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode dokumentasi. Langkah teknik analisis data dalam penelitian adalah menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian dalam tahap (1) strategi mnghafal adalah tahapan mengajar, pendekatan mengajar dan penggunaan prinsip mengajar. Dalam tahap (2) teknik penerapan metode menghafal dengan memahami ayat-ayat yang akan dihafal, mengulang-ulang sebelum menghafal, mendengar sebelum menghafal, menulis sebelum menghafal. Dalam tahap (3) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, pembelajaran bentuk klasik, secara privat, post test dan evaluasi.
Kata kunci: Metode Menghafal; Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.