Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali

Abstrak

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan Islam prespektif Imam Al-Ghazali dalam meningkatkan nilai moral anak.

Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, yang berupa buku-buku, literatur, jurnal, dan dokumen-dokumen tertulis baik dalam bentuk media cetak maupun media elektronik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali secara actual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu actual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini.

Dalam mengaktualisasikan pendidikan Islam dalam meningkatkan nilai-nilai moral anak, Al-Ghazali mencetuskan sebuah metode khusus tentang pendidikan Akhlak, metode keteladanan adalah metode yang paling diutamakan oleh Al-Ghazali untuk meningkatkan nilai- nilai moral anak.

Kata Kunci: Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Diterbitkan
2020-12-30