Konsep Pendidikan Integral Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5
Abstrak
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk melejitkan bahasa anak usia dini dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melejitkan bahasa anak usia dini melalui tiga komponen yaitu: keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Keluarga mempunyai peran yang pertama dan utama dalam pemerolehan bahasa pertama anak, guru di sekolah juga membantu dalam melejitkan anak dengan kegiatan bermain, sedangkan lingkungan masyarakat berperan melalui teman sepermainan yang turut menambah kebahasaan anak dan juga lingkungan kondusif membentuk perkembangan bahasa anak.
Implementasi melejitkan bahasa anak usia dini dalam Islam agar orang tua dan guru sebelum melakukan pembelajaran dengan anak, berdo’a bersama anak sesuai dengan anjuran Allah SWT dalam Al Qur’an surah Al Kahfi ayat 25-28, surah Thaha ayat 109 dan diperkenalkan azan sejak bayi serta kalimat tauhid sejak usia dini.
Kata Kunci: Islam; Bahasa, Anak Usia Dini
Referensi
Arifuddin, Neuropsikolinguistik, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Chaer, Abdul,. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004)
Conny. R, Semiawan, Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. (Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi. 2004)
Dardjowidjojo, Soenjono, Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia, (Bandung: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012)
-------, Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2003)
Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 58 tahun 2009 Tentang Standar PAUD, (Jakarta: Depdiknas, 2009)
Firmansyah, D., Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(1) (2018)
Gaffar, A., Azan Terhadap Anak yang Dilahirkan, Tahdist, 8(1), 2017)
Ghazali Masykur, Imam dkk, Almumayyaz Al Qur’an Tajwid Warna Transliterasi Per Kata Terjemah Per Kata, (Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2014)
Iswah Andriana, Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan, STAIN Pamekasan 3, no. 1 (2008)
Marjusman, Maksan,.Psikolinguistik, (Padang: IKIP Padang Press, 1993)
Miftahillah, Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kabupaten Pasuruan, Proceedings Ancoms 2017, 1st Annual Conference for Muslim Scholars Kopertais Wilayah IV Surabaya, 13-14 May 2017
Munjih, Ahmad dan Kholidah Nor, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Rafika Aditama, 2009)
Nurlaeni Dan Yenti Juniarti, Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun, Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pelita PAUD, 2017
Permatasari Suardi, Indah; R, Syahrul; Asri, Yasnur, Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Issue 1 (2019)
Ragam, D. A. N. ‘Topik 1-1 hakikat, fungsi, dan ragam bahasa indonesia’, (2014)
Sama‟un Bakhry, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005)
Samsunuwiyati Mar’at, Psikolinguistik: Suatu Pengantar (Bandung: PT Refika Aditama, 2005)
Soeparno, Dasar-Dasar Linguistik Umum, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2013)
Sujiono, Yuliani Nurani, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, (Jakarta: Indeks, 2013)
Sulaimah dan Hanita. Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Bermain Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Persada Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 03(02), 14, (2018)
Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Thariq Aziz, Muhammad, Asal Usul Bahasa Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains Modern, Utile: Jurnal Kependidikan Vol. 2 No. 2 (2016)
Utari Subyakto-Nababan, Sri, Psikolinguistik: Suatu Pengantar, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.