Pola Hubungan Murid Dan Guru Menurut Ta’lim Muta’allim dan Pendidikan Modern
Abstrak
Kitab Ta’lim Al-Muta’allim merupakan salah satu kitab yang membahas tentang tata cara kita dalam menuntut ilmu demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta menjadi seorang penuntut ilmu yang mempunyai etika yang baik. Di sisi lain, zaman sekarang ini masyarakat indonesia semakin jauh dengan hakekat Ruh dari sebuah pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola Hubungan Murid dan Guru Menurut Ta’lim Al-Muta’allim dan Pendidikan Modern.
Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang kelas X di MAN 2 Jombang. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data untuk memproses pemilihan, merumuskan data, memutuskan perhatian pada penyelenggaraan, pengabstrakan dan transformasi data kotor yang muncul dari catatan-catatan di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Hubungan Murid dan Guru Menurut Ta’lim Al- Muta’allim dan Pendidikan Modern Kelas X di MAN 2 Jombang sangatlah penting untuk diterapkan pada setiap sekolah baik sekolah agama yang berbasis kepesantrenan maupun sekolah umum, karena hal ini menyangkut dengan kesadaran diri peserta didik dalam hal tanggungjawab, memotivasi diri, berperilaku terpuji maupun berakhlak baik dengan tujuan untuk mengembangkan emosional dan kecerdasan spiritual.
Referensi
Aisah, “Etika Guru DenganMurid Menurut Pendidikan Agama Islamâ€, Skipsi, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Tahun 2014
Al-Abrasyi, M. Athiyah, Ruuhu At-Tarbiyah Wa- Ta’lim, (Arabiyah: Daar Al-Ihya Kutub Al-Arabiyah) (Yogyakarta: Penerbit Nuha Litera, 2008)
Al-Ghazali, Al-Imam Abu Hamid, Ihya’ Ulumuddin, Juz. 3 (Surabaya: Al-Hidayah, 2015)
Anam, Ibrahim, Guru Makhluk Serba Bisa, (Bandung: PT. Al-Ma’arif 2002)
Arif, Mukhrizal, Pendidikan Pos Modern Isme, (Yogyakarta: As-Ruzz Media, 2014)
As’ad. Aliy, Terjemah Ta’limul Muta’allim Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, (Kudus: Menara Kudus, 2007)
Az-Zarnuji, Syekh, Ta’lim Al-Muta’allim, (Surabaya: Darul Jawahir, 2015)
Bisri, Adib, Munawwir A. “Fatah. Menjauhkan Diri Dari Dosa, Dari Maksiat, Dari Perkara Syubhat, Atau Menahan Diri Dari Perbuatan Dosa, Maksiat Dan Syubhatâ€. Kamus Al-Bisri, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1999)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009)
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis), (Jakarta: RinekaCipta, 2010)
Hamidah, Mila (Siswa Kelas X MAN 2 Jombang), Wawancara, Tanggal 29 Juli 2020
Hanifah, Nurdinah, Sosiologi Pendidikan, (Sumedang: UPI Sumedang Press, 2016)
Hendri, Nono Dwi (Guru MAN 2 Jombang) Wawancara, Tanggal 25 Juli 2020
Husain, Abu Lubabah, Tarbiyah Fi Sunnah An-Nabawiyah, (Riyad: Darul Liwa’, 1977)
Kusumo, Masrum Hadi, “Interaksi Guru dan Siswa Dalam Proses Pengajaran Agama Islam†dalam Jurnal Pendidikan Islam, STAI Balikpapan, Edisi I, 2008
Mabrurah, (Siswa Kelas X MAN 2 Jombang), Wawancara, Tanggal 29 Juli 2020
Mahali, A. Mudjab dan Umi Mujawazah Mahali, Kode Etik Kaum Santri ,(Yogyakarta:Penerbit Nuha Litera, 2010)
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam, (Yogyakarta:PenerbitNuhaLitera, 2010)
Murni. Wahid, Cara Mudah Menulis Proposal Dan Laporan Peneliltian Lapangan, (Malang: UM Pres, 2008)
Nadhifah, Vina (Siswa Kelas X MAN 2 Jombang), Wawancara,Tanggal 29 Juli 2020
Nasution, S., Metode Research:Penelitian Ilmiah, (Bandung: Bumi Aksara, 2007)
Nata, Abudin, Pemikiran Para Toko Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)
Nawawi, Hadari, Pendidikan Dalam Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1993)
Patilima, Hamid, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2007)
Syahrul, Moh., Pengertian Guru Menurut Para Ahli, https://wawasan pendidikan.com Artikel Pendidikan, Diakses Pada 9 Juni 2016
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.