Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus

  • Abdul Rouf Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus; Implementasi; Pendidikan Al-Qur’an

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, ada yang lebih mudah menangkap dan mengingat saat pembelajaran termasuk pembelajaran al-Qur’an dan ada yang harus diulang-ulang selama beberapa minggu baru bisa mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, interview atau wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penganalisisan data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pada hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan al-Qur’an Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang diterapkan dengan menggunakan metode Tilawah TK. Karena dengan metode ini anak lebih mudah memahami dan mengingatnya. Untuk pembiasaan mereka, setiap hari mereka di perkenalkan dengan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, membaca asma’ul husna, membaca surat-surat pendek, membaca do’a sederhana aktivitas sehari-hari seperti do’a sesudah dan sebelum tidur, do’a masuk keluar kamar mandi, do’a berpergian.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Arifin, Zaenal, Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Renika Cipta, 2006)
Darmadi, Hamid, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Jalaludin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Garfindo Persada, 2001)
Khon, Abdul Majid, Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash, (Jakarta: Amzah, 2013)
Lathif, Imam Mashudi, “Efetifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini” dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol. 4 No.2, Desember 2019
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Mudjito A.K. dkk, Pendidikan Inklusif, (Jakarta: Baduose Media Jakarta, 2012)
Murtie, Afin, Ensklopedi Anak Berkebutuhan Khusus, (Jogyakarta: Redaksi Maxima, 2016)
Rahayu, Iin Tri dan Tristiadi Ardi Ardani, Observasi & Wawancara, (Malang: Bayumedia Publishing, 2004)
Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno, Teori dan Praktek Pendidikan (Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan-UNESA, 2012)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)
Syafe’i, Rachmat, Pengantar Ilmu Tafsir, (Bandung: Pustaka Setia, 2006)
Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995)
Wawancara dengan Guru Kelas SD Inklusi Pelangiku Ibu Diana., S.Pd 27 Juli 2020. Jam 11.00
Wawancara dengan Kepala Sekolah SD Inklusi Pelangiku Ibu Ifa., S.Pd 29 Juli 2020. Jam 10.00
Diterbitkan
2021-07-05