Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus
Abstrak
Anak berkebutuhan khusus memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, ada yang lebih mudah menangkap dan mengingat saat pembelajaran termasuk pembelajaran al-Qur’an dan ada yang harus diulang-ulang selama beberapa minggu baru bisa mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, interview atau wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penganalisisan data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pada hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan al-Qur’an Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang diterapkan dengan menggunakan metode Tilawah TK. Karena dengan metode ini anak lebih mudah memahami dan mengingatnya. Untuk pembiasaan mereka, setiap hari mereka di perkenalkan dengan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, membaca asma’ul husna, membaca surat-surat pendek, membaca do’a sederhana aktivitas sehari-hari seperti do’a sesudah dan sebelum tidur, do’a masuk keluar kamar mandi, do’a berpergian.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Renika Cipta, 2006)
Darmadi, Hamid, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Jalaludin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Garfindo Persada, 2001)
Khon, Abdul Majid, Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash, (Jakarta: Amzah, 2013)
Lathif, Imam Mashudi, “Efetifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini†dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol. 4 No.2, Desember 2019
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Mudjito A.K. dkk, Pendidikan Inklusif, (Jakarta: Baduose Media Jakarta, 2012)
Murtie, Afin, Ensklopedi Anak Berkebutuhan Khusus, (Jogyakarta: Redaksi Maxima, 2016)
Rahayu, Iin Tri dan Tristiadi Ardi Ardani, Observasi & Wawancara, (Malang: Bayumedia Publishing, 2004)
Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno, Teori dan Praktek Pendidikan (Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan-UNESA, 2012)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)
Syafe’i, Rachmat, Pengantar Ilmu Tafsir, (Bandung: Pustaka Setia, 2006)
Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995)
Wawancara dengan Guru Kelas SD Inklusi Pelangiku Ibu Diana., S.Pd 27 Juli 2020. Jam 11.00
Wawancara dengan Kepala Sekolah SD Inklusi Pelangiku Ibu Ifa., S.Pd 29 Juli 2020. Jam 10.00
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.