Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penyandang Tuna Grahita
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penyandang Tuna Grahita di SLB Hardika Bakti Tugusumberjo Peterongan Jombang.
Penelitian ini bersifat kualitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan alisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Anak tuna grahita adalah anak yang memiliki hambatan IQ atau bisa dalam hambatan sosial. Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada penyandang tuna grahita adalah (1) kesadaran orang tua yang bisa menjadi pendukung sekaligus penghambat pendidikan anak. (2) tuna grahita itu memiliki tingkatan ringan, sedang, dan berat dengan tingkat pembelajaran yang berbeda pula. (3) karakteristik anak yang berbeda. Solusinya adalah diadakan parenting atau diskusi untuk mengetahui hal apa yang dikeluhkan orang tua sehingga bisa menemukan jalan keluar bersama dan melakukan kelas visual edukasi guna mengetahui tingkat perkembangan anak.
Referensi
http://www.slideshare.net/WarmanTateuteu/strategi-pembelajaran-bagi-anak-berrkebutuhan-khusus diakses 03 April 2020
Kurniawan, Iwanjanu, “Naskah Publikasiâ€, Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat Tentang Pendidikan Islam Dalam Perspektif Psikologi Agama, (Surakarta: Jurusan Program Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012)
Mahmudi, “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi†dalam Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 1 Mei 2019
Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Maryani, Septine Dwi Ningsih, “Skripsiâ€, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Ringan Di SMPLB Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. (Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, 2016)
Milla, Idatul, “Skripsiâ€, Problematika Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Kelas II Di Sekolah Negeri Inklusi Ketawanggede Malang. (Malang: Jurusan Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2011)
Sari, Siti Fatimah Mutia dkk., “Pendidikan Bagi Anak Tunagrhita (Studi Kasus Tuna grahita Sedang Di SLBN Surakarta)†dalam Jurnal Penelitian & PKM, Vol. 4, Juli 2017
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Undang-Undang No. 4 tahun 1997 tentang tentang Penyandang Cacat pasal 5
Undang-Undang No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas pasal 1 ayat 2
Veskarisyanti, Galih A., 12 Terapi Autis Paling Efektif & Hemat untuk Autisme, Hiperaktif, dan Retardasi Mental (Yogyakarta: Pustaka Anggrek, 2008)
Wawancara dengan Bapak Fauzi Afari selaku Guru Pendamping Khusus Mata Pelajaran Agama di SLB Hardika Bakti Tugusumberjo Peterongan Jombang, pada tanggal 31 Maret 2020
Wawancara dengan Ibu Siti Hanifah, S.Pd.I. selaku Kepala Sekolah di SLB Hardika Bakti Tugusumberjo Peterongan Jombang, pada tanggal 03 Agustus 2020
Widodo, Muh., “Naskah Publikasiâ€, Pengembangan Pengelolaan Pembelajaran Pada Anak Brkebutuhan Khusus. (Surakarta: Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012)
Zuhairani, Methodik Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, 1983)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.