Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ)

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (ESQ) kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dengan teknik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual telah diaplikasikan oleh peserta didik dengan baik dan cukup bagus dalam kehidupan sehari-hari terurama dilingkungan sekolah. Peserta didik telah mampu mengendalikan diri saat dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang terjadi di lingkup sekolah terutama saat menerima materi dalam pembelajaran. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum dapat penerapkan namun hal ini tidak menjadi beban bagi pendidik untuk mengajarkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan Eksistensinya, (Google Books: Prenada Media, 2019)
Departeman Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: Penerbit Marwah, t.t.)
Ginanjar, Ari, Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Jakarta: Arga Publising, 2010)
Hadi, Wiwin Puspita, “Pengaruh Pengaitan Nilai Keimanan Dan Ketaqwaan Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Persepsi Siswa” Jurnal Pembelajaran.Vol. 1, No. 2
Hariyanto, Gregorius, Kamus Latin Bahasa Indonesia, (Malang: Postula Stella Maris, 2011)
Langgulung, Hasan, Uraian mengenai kedudukan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai dasar Pendidikan Islam & Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan lstam, (Bandung: Al-Ma'arif, 1980)
Mansur, Laely, Pemikiran Kalam dalam Islam, (Jakarta: LSIK, 1994), hlm. 143-149
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)
Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1913)
Muazzinah, “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Kisah Nabi Musa)” Jurnal Edu Religia, Vol. 2, No. 2 April-Juni 2017
Piscayanti, Kadek Sonia, “Studi Dokumentasi Dalam Proses Produksi Pementasan Drama Bahasa Inggris”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 47, No. 2-3, Oktober 2014
Sari, Wulan Purnama, “Studi Pertukaran Sosial Dan Peran Nilai Agama Dalam Menjaga Kerukunan Antar Kelompok Umat Beragama Di Manado”, Jurnal Profektif dan Komuikasi, Vol. 11, No. 1, 2018
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Pustakabarupress, 2014)
Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar Dan Implementasi, (Jakarta: Kencana, 2014)
Hasil Wawancara:
Hartono (Guru PAI SMP AL-Hikmah), Wawancara, Badas, 15 Juli 2020
Rif’an (Siswa Kelas VIII SMP AL-Hikmah), Wawancara, Badas, 17 Juli 2020
Siti Marijatul Qibtiyah (Kepala SMP AL-Hikmah), Wawancara, Badas, 15 juli 2020
Syella Dwi Andani (Siswi Kelas VIII SMP AL-Hikmah), Wawancara, Badas, 17 Juli 2020
Zaky Alfiansyah (Siswa Kelas VIII SMP AL-Hikmah), Wawancara, Badas, 17 Juli 2020
Diterbitkan
2021-06-30