Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.docx

  • Adibah Adibah Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Aqidah Akhlak; Hasil Belajar Siswa; Media Video

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Ekpserimen ini menggunakan 30 siswa sebagai sampel dari 34 populasi siswa kelas X IPA dan siswa kelas X IPS tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes berupa pemberian pretest dan postest. Pengumpulan data non tes menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji hipotesis penentuan thitung ditentukan dengan perhitungan Uji-t. Dari perhitungan data diperoleh hasil thitung lebih kecil dari ttabel maka hipotesis nol (Ho) diterima, dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh dari media video pembelajaran terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Abdullah, Ma’ruf, Metode Penelitian Kuantitatif, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015)
Afandi, Muhamad, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang: UNISSULA Press, 2013)
Darmawan, Arief, Modul 10 Membuat Media Video Pembelajaran, (Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)
Departemen Agama RI., Alqur`an dan Terjemah (Semarang: Toha Putra, 1990)
Fikri. Hasnul dan Ade Sri Madona, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Yogyakarta: Samudra Biru, 2018)
Helmiati, Model Pembelajaran, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012)
Mardianto, Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, (Medan: IAIN Press, 2002)
Masturoh, Imas dan Nauri Anggita T, Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Metodologi Penelitian Kesehatan, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan, 2018)
Said, Colle, Paradigma Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam hunafa: jurnal studia Islamika, vol. 13, no 1 juni 2016
Shihab, M. Quraish, Tafsir A1 Mishbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Sitorus, Masganti, Metode Penelitian Pendidikan Islam. (Medan: IAIN Press, 2011)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013)
Surjono, Herman Dwi, Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, (Yogyakarta: UNY Press, 2017)
Wekke, Ismail Suardi, dkk., Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. (Yogyakarta: Penerbit CV. Adi Karya Mandiri, 2019)
Diterbitkan
2021-06-30