Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.docx
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Ekpserimen ini menggunakan 30 siswa sebagai sampel dari 34 populasi siswa kelas X IPA dan siswa kelas X IPS tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes berupa pemberian pretest dan postest. Pengumpulan data non tes menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji hipotesis penentuan thitung ditentukan dengan perhitungan Uji-t. Dari perhitungan data diperoleh hasil thitung lebih kecil dari ttabel maka hipotesis nol (Ho) diterima, dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh dari media video pembelajaran terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MA Balongrejo Sumobito Jombang.
Referensi
Afandi, Muhamad, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang: UNISSULA Press, 2013)
Darmawan, Arief, Modul 10 Membuat Media Video Pembelajaran, (Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)
Departemen Agama RI., Alqur`an dan Terjemah (Semarang: Toha Putra, 1990)
Fikri. Hasnul dan Ade Sri Madona, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Yogyakarta: Samudra Biru, 2018)
Helmiati, Model Pembelajaran, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012)
Mardianto, Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, (Medan: IAIN Press, 2002)
Masturoh, Imas dan Nauri Anggita T, Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Metodologi Penelitian Kesehatan, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan, 2018)
Said, Colle, Paradigma Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam hunafa: jurnal studia Islamika, vol. 13, no 1 juni 2016
Shihab, M. Quraish, Tafsir A1 Mishbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Sitorus, Masganti, Metode Penelitian Pendidikan Islam. (Medan: IAIN Press, 2011)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013)
Surjono, Herman Dwi, Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, (Yogyakarta: UNY Press, 2017)
Wekke, Ismail Suardi, dkk., Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. (Yogyakarta: Penerbit CV. Adi Karya Mandiri, 2019)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.