Pola Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Aksara Pegon di Madrasah Diniyah
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan tentang pola pembelajaran kitab kuning dengan aksara pegon di Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dekomentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dengan pihak-pihak yang terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola pembelajaran kitab kuning dengan aksara pegon di Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang telah berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan sebelum pembelajaran dengan menggunakan aksara pegon dimulai, setiapm guru sudah mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, dan kegiatan lanjutan, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat dalam memahami sebuah kalimat.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Basalamah, Aly Abubakar, “Memhami Kitab Kuning Melalui Terjemahan Tradisiomal (Suatau Pendekatan Tradisional Terjemahan Pondok Pesantren)â€, Pesantren, Nomor Perdana, 1984
Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Press, Edisi I, Cet VIII,)
Chaer, Abdul, Linguistik Umum, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)
Dahlan, Juwairiyah, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, (Surabaya: Penerbit Al-ikhlas, 1992)
Jumhur dan Moh Suryo, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, ( Bandung: Pustaka Ilmu,1975)
Koentjaraningrat, Kebudayaan Jawa, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994)
Kompas, Melihat Palembang Dari Naskah Kuno, Senin 29 September 2003
Lombard, Denys, Nusa jawa:Silang Budaya Jilid I, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000)
Mochtar, Affandi, Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi; Pesantren Tradisi kitab kuning sebuah observasi umum, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999)
Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Bandung ; Remaja Rosda Karya, 2008)
Nasution, S., Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif, (Bandung: Tarsito 1986)
Sudjana, Nana, Awal Kusumah, Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)
Syukria, Lina, Kamus Lengkap Assalafy Versi Kitab Kuning Jawa-Indonesia, (Kendal Jateng: tp., tt.)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.