Strategi Pembinaan Akhlak Santri Yang Berusia Di Bawah 10 Tahun

  • Shofwatal Qolbiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Akhlak; Pembinaan; Santri; Strategi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembinaan akhlak santri yang berusia di bawah 10 tahun di TPQ Al-Ma’ruf Sukorame Lamongan dan faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan tersebut serta bagaimana cara menanggulanginya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang TPQ Al-Ma’ruf Sukorame Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Data Reduction (reduksi data), Data Display (Penyajian Data) dan Kesimpulan (Conclusion).

Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi pembinaan akhlak santri yang berusia di bawah 10 tahun di TPQ Al-Ma’ruf Sukorame Lamongan menggunakan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan yang mulia (uswah hasanah), metode demontrasi, metode nasehat, metode cerita.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Ahid, Nur, Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010)
Al-Ghazali, Imam, Ihya’ Ulum al-Din, terj. Ismail Ya‟kub (Beirut: Dar al Fikr, 2011)
Anwar, Rosihan, Akhlak Tasawuf, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010)
Baradja, Umar, Bimbingan Akhlak, (Jakarta: Pustaka Amani, 1993)
Darajat, Muhaiminah, Upaya Guru Pndidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa-siswi SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah, 2009)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009)
Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Pertumbuhan dan Perkembangan, (Jakarta : Dirjen kelembagaan Agama Islam, 2013)
Evaliani, Dwi Rosa, dalam digilib.unila.ac.id/930/9/BAB%20II.pdf, diakses pada 22 Mei 2020
Fikri, Kepala TPQ dan Ustadz TPQ Al-Ma’ruf Sukorame Lamongan, Wawancara, Lamongan: 05 Juni 2020
Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 2011)
Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta, Rajawali Pers, 2011)
Manis, Si, Pengertian Metode Bercerita, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Bentuk, Jenis, Kelebihan, Dan Kekurangan Metode Pembelajaran Bercerita, 2019
Maskawaih, Ibnu, Tahdzib Al-Akhlaq wa Tathhir A’raaq (Beirut: Mansyurah Dar Al-Maktabah, 1389 H) Cet. 2
Minfitriyah, Ustadzah TPQ Al-Ma’ruf Sukorame-Lamongan, wawancara 05 Juni 2020
Minfitriyah, Ustadzah TPQ Al-Ma’ruf Sukorame-Lamongan, Wawancara, Lamongan: 05 Juni 2020
Muhtadi, “Peran Orang Tua Terhadap Pembinaan Akhlak Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam” dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, Vol 2, No. 2 Januari-Juni 2017
Nana Syaodih Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan” (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Citra Umbara, 2003)
Praptama, Bagus Penanaman Akhlak Santri di TPA an-Nur Perum Pulau Singkep Taman Asri Sukabumi Bandar Lampung, (Lampung: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Suyeni, Sri, Wali Santri TPQ Al-Ma’ruf Sukorame Lamongan, Wawancara, Lamongan 05 Juni 2020
Zabidi, Imam, Ringkasan Hadist Shahih Muslim, (Jakarta: Pustaka Amani, 2002)
Zaini, Syahminan, Arti Anak Bagi Seorang Muslim (Surabaya: Al-Ikhlas, 1982)
Zuhairini dkk, Metodologi Pendidikan Islam, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2004)(dalam footnote)
Diterbitkan
2021-06-30