Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Tahlilan Sebagai Harmoni Sosial Masyarakat Sudimoro Megaluh Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Tahlilan sebagai wujud harmonisosial masyarakat Sudimoro Megaluh Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Sedang analisis datanya menggunakan konten analisis.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi Tahlilan adalah untuk medapatkan ridlo dari Alloh SWT. Menurut mayoritas penduduk desa Sudimoro menyatakan bahwa memberi jamuan termasuk sedekah yang dianjurkan oleh Islam yang pahalanya dihadiahkan pada orang yang telah meninggal dan sabagai ikramud dla`if. Dalam konteks sosiologis, ritual tahlilan ini sebagai alat memperkuat solidaritas sosial, maksudnya alat untuk memperkuat keseimbangan masyarakat di desa Sudimoro yakni menciptakan situasi sosio harmoni, toleransi di kalangan partisipan, serta tolong-menolong bergantian untuk memberikan berkah (doa) yang akan ditujukan pada keluarga yang sudah meninggal.
Kays word: Tahlilan, Tradisi Islam, Nilai-Nilai Pendidikan Islam.
Referensi
_____. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. (Yogyakarta : Aditya Media, 1992)
Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Agama Islam. (Jakarta : Bumi Aksara, 2004)
Amin, M. Darori. Islam & Kebudayaan Jawa. (Yogyakarta : GAMA MEDIA: Yogyakarta, 2000)
An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. (Jakarta : Gema Insani Press, 1995)
Arifin, M. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. (Jakarta: Bulan Bintang, 1976)
_____. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2006)
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta : Bumi Aksara, 2005)
Daradjat, Zakiah dkk. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta : Bumi Aksara, 2000)
Daradjat, Zakiah. Dasar-Dasar Agama Islam. (Jakarta : Bulan Bintang, 1984)
Depag. RI, Maktabah wa Mathba’ah. Al-Syarifah al-Khodijah.
Ensiklopedi Nasional Indonesia, jilid 16. (Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka, 1991)
Fatah, H. Munawir Abdul. Tradisi Orang-Orang NU. (Yogyakarta : PT. LkiS Pelangi Aksara, 2006)
Khallaf, Wahab, Ashadir al-Tasryi’. al-Islami fima la Mashdhara fih. (Kuwait : Dar al-Qalam, 1972)
Koentjaraningrat. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. (Yogyakarta : PT. Dian Rakyat, 1985)
_____. Kebudayaan Jawa, (Jakarta : Balai Pustaka, 1984)
Lajnah Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama LTNNU. Landasan Amaliyah NU. (Jombang: Darul Hikmah, 2008)
Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. (Bandung : al-Ma’arif. 1980)
Madjid, Nucholish. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. (Jakarta : Paramadina, 2005)
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan. (Bandung : Al Ma’arif, 1989)
Muhaimin dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. (Bandung : Trigenda Karya, 1993)
Muhaimin, Abdul Mujib, Jusuf Muzakkir. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. (Jakarta : Prenada Media, 2005)
Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan. (Jakarta : Gunung Agung, 1981)
Suyanto, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006)
Uhbiyati, Nur dan Abu Ahmadi. Ilmu Pendidikan Islam. (Bandung : CV. Pustaka Setia, 1997)
Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia (Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1989)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.