Penanaman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah pada Siswa MTs Manba’ul Ulum Kabul Lombok Tengah
Abstrak
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah di MTs Manba'ul Ulum Kabul Lombok Tengah.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan penelitian di MTs Manba'ul Ulum Kabul Lombok Tengah. Metode pengumpulan datanya melalui abservasi, wawancara dan melakukan pendekatan secara intens dengan para siswa, sedangkan analisis datanya menggunakan metode miles and huberman yang mengemukakan bahwa dalam analisis kualitatif di lakukan secara interaktif dan di lakukan secara terus menerus, yakni dengan melalui reduction, data display dan counclusion drawing atau verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penenanman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah dilakukan melalui metode ceramah dan diskusi, sedangkan upaya yang dilakukan dengan menanaman sikap tawasut, tawazun dan tasammuh serta melakukan amar ma'ruf nahi mungkar, sehingga dapat menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah, memiliki sifat toleransi yang tinggi dan selalu bersifat tawadhu' dalam menjalakan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah, Siswa MTs Manba’ul Ulum
Referensi
Abu Ubaidah, Darwis, Panduan Akidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah, (Jakarta Timur; Pustaka Al Kautsar, 2008)
Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2010)
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan dan Peraturan RI Tentang Pendidikan, (Jakarta; Departemen RI, 2006)
Fathurrohman, Aswaja NU dan Toleransi Umat Beragama, (Jurnal Review Politik, Vol 02, No. 01, 2012)
Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)
Hidayah, Nur, Redefinisi Ontologi Aswaha dalam Pendiidkan Ma’arif di Era Kontemporer, (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vo. 10, No. 2015)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2014)
Mahbubi, M, Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, (Yogyakarta; Pustaka Ilmu, 2012)
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2012)
Majid, Abdul , Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2006)
Munawir, Aswaja NU Center dan Peranannya Sebagai Benteng Aqidah, (“Shahihâ€, Vol. 1, No. 1, 2016)
Muhyiddin, Abdusshomat, Hujjah NU Akidah-Amaliyah-Tradisi, (Surabaya; Khalista, 2008)
Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang; UIN-Maliki Pres, 2012)
Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta; Ar-Ruzz Media, 2012)
Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, (Jakarta; Kalam Mulia, 2016)
Rohmad, Ali, Kapita Selekta Pendidikan, (Yogyakarta; Teras Komplek Polri Gowok, 2009)
Sanjaya, Wina, Penelitian Pendidikan (Jakarta: Kecana Prenada Grup, 2013)
Shodiq, Transmisi Idiologi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah: Studi Evaluasi Pembelajaran Ke-NU-an di SMA Al-Ma’arif Kudus, (Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No.2, Oktober 2015)
Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung; Sinar Baru, 1994)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung; Alfabeta, 2016)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahid, Abdul, Militansi Aswaja & Dinamika Pemikiran Islam, Malang; Aswaja Centre UNISMA, 2001)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.